WIWIN NOVITA SARI, 22089066 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BERWAWASAN MODERASI ISLAM DI MTs N 2 LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (46kB)
![[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089066_WIWIN NOVITA SARI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089066_WIWIN NOVITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Moderasi Islam.
Fenomena yang terjadi sekarang ini menjadi bukti bahwasannya kerukunan
umat beragama semakin tidak melekat pada diri individu-individu seseorang
ataupun kelompok, mereka cenderung apatis serta anarkis kepada pemeluk agama
lain sehingga terjadi sikap intoleran dan meyebabkan pepercahan. Oleh sebab itu
untuk dapat menangani hal tersebut sangat di perlukan sikap moderasi dari tiap
tiap individu yang berbagai ragam itu, penguatan sikap moderasi, Sebagaimana
yang terjadi di di MTS N 2 Lamongan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran
akidah akhlak berwawasan moderasi islam yang dilakukan oleh guru, yakni dengan
menanamkan nilai-nilai moderasi Islam pada peserta didik. dalam pembelajaran
terdapat pengimplementasian prinsip moderasi beragama yang terkandung dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Berangkat dari realitas di atas dapat
menjadi ketertarikan sendiri bagi peneliti untuk menganalisa tentang Strategi
Pembelajaran Akidah Akhlak berwawasan Moderasi Islam dengan rumusan
masalah yaitu: (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran Akidah Akhlak
berwasan moderasi Islam di MTS N 2 Lamongan? (2) Bagaimana pelaksanaan
strategi pembelajaran Akidah Akhlak berwasan moderasi Islam di MTS N 2
Lamongan? (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran Akidah Akhlak
berwasan moderasi Islam di MTS N 2 Lamongan?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif, Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
menggunakan Miles and Humberman yakni meliputi pengumpulan data (data
collection), reduksi data (data reduction), tampilan data (data display), dan
penarikan atau verifikasi kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi pembelajaran
Akidah Akhlak di MTS N 2 Lamongan ialah berupa kegiatan yang direncanakan
berupa kegiatan belajar, kegiatan harian dan kegiatan insedental. Untuk
pelaksanaan strategi pembelajaran Akidah Akhlak di MTS N 2 Lamongan yakni
dengan melalui penanaman nilai-nilai moderasi Islam, dan dengan melalui tiga
tahap, Pertama, pendahuluan meliputi penetapan tujuan da nisi, dan pemberian
motivasi dan pembiasaan. Kedua, Inti meliputi penyelipan materi yang berkaitan
dengan moderasi islam, pembelajaran aqidah inklusif, penerapan strategi daan
metode pembelajaran. ketiga, penutup meliputi review materi, Tanya jawab, pujian
dan saran, dan jugan momen refleksi. sedangkan evaluasi pembelajaran dengan
melalui aspek penilaian yang meliputi penilaian sumatif, formatif, afektif, kognitif
dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 05:37 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 05:37 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/380 |