PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI PROBLEM BASED LEARNING (GPBL) PENDIDIKAN ISLAM MODERAT UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA MTS KELAS VIII

SHOFIYATUL AZIZAH, 22089065 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMIFIKASI PROBLEM BASED LEARNING (GPBL) PENDIDIKAN ISLAM MODERAT UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA MTS KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_222089065_SHOFIYATUL AZIZAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_222089065_SHOFIYATUL AZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran PAI Moderat, Gamifikasi,
Critical Thinking.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, mampu
mengubah gaya hidup manusia, tidak luput juga dunia pendidikan terkena
dampaknya. Dampak yang paling nyata di dunia pendidikan adalah cara belajar,
yang dulu untuk menggali informasi dengan mencari di dalam buku, sekarang
menggali informasi menggunakan smartphone di dunia maya. Dan fenomena yang
terjadi pada manusia umumnya dan pelajar khususnya sudah tidak bisa lepas dari
smartphone. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan
media pembelajaran GPBL, mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran
GPBL, dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran GPBL PAI Moderat
untuk siswa kelas VIII MTs Unggulan Sabilillah Lamongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Proses pengembangan media pembelajaran GPBL PAI Moderat
menggunakan model pengembangan ADDIE yang mengadopsi dalam Robert
Maribe Branch, dengan menggunakan 5 tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design
(desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan
Evaluation (evaluasi).
Hasil pengembangan berupa media pembelajaran GPBL PAI Moderat kelas
VIII MTs yang sangat layak dan efektif. Hal ini berdasarkan pada hasil validasi ahli
media mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 98%. Hasil validasi ahli
materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 93%. Hasil validasi ahli
pembelajaran mendapatkan kriteria sangat layak dengan nilai 92%. Hasil pretest
dan posttest sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran GPBL PAI
Moderat mendapatkan nilai rata-rata 59,69 dan 88,80. Dari hasil tersebut kemudian
diuji dengan menggunakan paired sample t-test, adapun hasilnya adalah hasil
statistik hitung (angka t output) > ststistik tabel (tabel t) = 26,119 > 2,045 dan
probabilitas < 0,05 = 0,001 < 0,025. Dari perolehan hasil tersebut ada perbedaan
yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran
GPBL PAI Moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 18 Mar 2025 05:29
Last Modified: 18 Mar 2025 05:30
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item
View Item