NIHAYATUL FARIKHAH, 22089063 (2024) EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL MUTHOFAWIYAH PALANG TUBAN. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089063_NIHAYATUL FARIKHAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089063_NIHAYATUL FARIKHAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci: Edutainment, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan di Indonesia sedang berupaya untuk meningkatkan sistem
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sesuai alur zaman.Upaya tersebut
dilakukan untuk memajukan sistem pembelajaran edutainment konsep Pendidikan
yang menarik, kreatif, inovatif, menyenangkan perserta didik dibuat senyaman
mungkin dalam proses pembelajaran. Pembelajaran edutainment dapat di artikan
humor Ketika penyaimpaian materi pembelajaran Suasana pembelajaran yang
demikian, dapat memicu efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Terdapat tiga
aspek yang dibahas dalam penelitian ini yakni aspek humanizing the classroom,
active learning, dan quantum teaching mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
berdasarkan dengan latar belakang tersebut dapat ditarik inti penelitian yaitu.(1)
Bagaimana betuk perancanaan edutainment dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Mts Al Mustafawiyah Palang Tuban.(2) Bagaimana pelaksaan
edutainment dalam Pendidikan Agama Islam di Mts al Mustafawiyah Palang
Tuban.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif, analisis data yang digunakan yaitu menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi,
dan untuk mengecek keabsahan penelitian yaitu menggunakan tringulasi yaitu dari
sumber data, waktu, dan Teknik.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tentang edutainment Dalam
Pembalajaran Pendidikan Agama Islam memiliki perencanaan dan pelaksanaan
tersendiri. Aspek humanizing the classroom berkaitan dengan dengan pengaturan
ruang kelas dengan komunikasi yang baik. Aspek active learning berkenaan dengan
penggunaan strategi pembelajaran aktif sebagai penerapan RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran). Aspek quantum teaching berupa memberikan motivasi
berupa tepuk semangat dan memberikan pertanyaan yang mendasar. Beliau belum
memunculkan sebuah hal atau pertanyaan yang menggugah pengalaman yang
dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:32 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:32 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/376 |