FARIHATUN NAZIDAH, 22089058 (2024) STRATEGI PENDIDIKAN PESANTREN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER TESIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER TESIS.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (41kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089058_FARIHATUN NAZIDAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089058_FARIHATUN NAZIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Pesantren, Era Revolusi 4.0
Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto memiliki stretegi
stretegi dalam menghadapi tantangan di era revolusi 4.0. Strategi-strategi tersebut
bertujuan
untuk
menjaga nilai-nilai tradisional pesantren sekaligus
mempersiapkan santri dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin digital
dan global. Strategi ini mencerminkan respon yang baik terhadap kompleksitas
kurikulum pembelajaran di era 4.0 di pondok pesantren yang mana menjadi ciri
khas lembaga pesantren MBI Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto. Dalam konteks
tersebut pentingnya strategi pendidikan pesantren yang menjadi faktor kunci
dalam memenuhi kebutuhan santri di era di mana santri dituntut untuk mengikuti
antara zaman yang semakin canggih dan tetap menjaga nilai-nilai yang terdapat di
pesantren. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi
Pendidikan pesantren di era revolusi 4.0 di pondok pesantren Amanatul Ummah
Pacet-Mojokerto? (2) Apa hasil yang dicapai/dihasilkan pondok pesantren
Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto di era revolusi 4.0?
Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualititatif dengan
pendekatan etnografi. Lokasi penelitian di Kembang Belor Pacet Mojokerto.
Subjek Penelitian adalah Ketua Kepesantrenan Putra dan Putri, Kepala Staf
Bidang Olimpiade, Kepala Staf Bidang Pembina Generasi, Kepala Staf Pembina
Asrama, Kepala Staf Bidang Admisi, PTN & Instalasi Jaringan, dan Santriwan
Santriwati MBI Amanatul Ummah Pacet. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi-strategi Pendidikan
pesantren di era revolusi 4.0 di pondok pesantren Amanatul Ummah Pacet adalah:
memiliki 7 strategi dalam menghadapi tantangan dan perkembangan zaman ini,
yaitu: integrasi teknologi, pengembangan kurikulum, pengembangan literasi
digital,
Peningkatan kualitas tenaga pengajar, Pendidikan multikultural,
Pembinaan kepemimpinan, dan Penguatan pendidikan karakter. (2) Hasil yang di
capai pondok pesantren MBI Amanatul Ummah Pacet-Mojokerto di era revolusi
4.0 di antaranya: Adanya koneksi Global, Kemandirian Santri, Kemandirian
Ekonomi, Kesiapan Santri dalam Menghadapi Tantangan, Di era revolusi 4.0
santri harus siap untuk menghadapi tantangan dan perkembangan zaman yang
sangat canggih. khususnya dalam dunia teknologi yang meliputi penerapan
teknologi dalam pembelajaran dan peningkatan keterampilan soft skill santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok Pesantren Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:42 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/362 |