INTERNALISASI NILAI NILAI ISLAM MODERAT DI SMP MODERN AL MIFTAH DAN DAMPAKNYA PADA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA

MOH YUDHI FIRMANSYAH PRAMUDIA, 22089051 (2024) INTERNALISASI NILAI NILAI ISLAM MODERAT DI SMP MODERN AL MIFTAH DAN DAMPAKNYA PADA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 6. BAB II.pdf] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089051_MOH YUDHI FIRMANSYAH PRAMUDIA.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089051_MOH YUDHI FIRMANSYAH PRAMUDIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Islam Moderat, Kesejahteraan Psikologis

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses internalisasi nilai-nilai Islam
moderat di SMP Modern Al-Miftah dan dampaknya pada kesejahteraan psikologis
siswa. Metode yang digunakan adalah mixed method exploratory desain, yang
menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan
gambaran yang komprehensif tentang penelitian ini. Data kualitatif dikumpulkan
melalui wawancara dan observasi kepada guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh
melalui kuisioner yang disebarkan kepada 53 siswa.
Temuan data kuantitatif mendukung data kualitatif, dengan siswa
menyatakan bahwa diskusi tentang nilai-nilai Islam moderat membantu mereka
mengurangi kecemasan dan stres, serta meningkatkan keterampilan sosial dan
komunikasi. Namun, beberapa siswa mengungkapkan perlunya bimbingan lebih
lanjut untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
sehari-hari. Penelitian yang berfokus pada proses internalisasi nilai-nilai Islam
moderat dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa, serta perlunya
strategi yang lebih inklusif dan dipersonalisasi untuk mencapai hasil yang lebih
optimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% siswa melaporkan perasaan lebih
tenang dan damai setelah mengikuti program internalisasi nilai-nilai Islam moderat
di sekolah. Sebanyak 70% siswa mencatat peningkatan dalam kemampuan
berempati dan berinteraksi dengan teman sekelas dari berbagai latar belakang,
menandakan peningkatan toleransi dan inklusi. Selain itu, 65% siswa merasa lebih
termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi tantangan akademis dan sosial,
yang menunjukkan peningkatan kesejahteraan psikologis secara keseluruhan.
Namun, 15% siswa masih mengalami kesulitan dalam menginternalisasi nilai-nilai
ini, menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih personal dan dukungan
tambahan.
Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa internalisasi nilai
nilai Islam moderat dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada
kesejahteraan psikologis siswa. Rekomendasi untuk implementasi lebih lanjut
termasuk peningkatan dukungan individual, pelatihan guru, dan pengembangan
program yang adaptif untuk memenuhi kebutuhan semua siswa. Dengan demikian,
SMP Modern Al-Miftah dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih
mendukung bagi perkembangan karakter dan kesejahteraan psikologis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Kehidupan Beragama > Islam Moderat
Kehidupan Beragama
Psikologi
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 16 Mar 2025 02:52
Last Modified: 16 Mar 2025 02:52
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item