DENI KHOLILUR ROHMAN, 20200890101013 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII B1 MTS ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (322kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of 6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101013.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101013.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Prestasi Belajar Siswa
Materi Fiqih tentunya tidak lah asing dilingkup Pondok Pesantren yang kemudian dikembangkan dan diajarkan dilembaga Madrasah. Dengan perubahan zaman yang semakin canggih, metode pembelajaran yang lama mungkin tidaklah efektif sehingga dengan adanya teknologi dan internet kita dapat memanfaatkan untuk meningkatkan metode pembelajaran guna untuk mempermudah siswa untuk memahami materi. Maka dari itu, terdapat masalah dalam penelitian ini yang meliputi : 1). Adakah pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII B1 di MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro 2). Seberapa besar pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII B1 di MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan merupakan jenis penelitian observasi dengan pendekatan kuantitatif korelatif. Penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu antara lain: angket (tes), observasi dan dokumentasi. Adapun data yang dianalisis menggunakan exel rumus korelasi product moment dan koefisien desterminatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari – Sabtu, 03 Februari 2024. Peneliti menetapkan penelitian ini di MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII B1 MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan analisis product moment, diketahui r “hitung” sebesar 0,939 dan dikonsultasikan dengan r “table” pada signifikan 5% sebesar 0,329 dan pada signifikan 1% sebesar 0,424. Hal ini dapat terlihat bahwa r “hitung” > r “tabel” yakni 0,424 < 0,939 > 0,329, maka dari itu Ha diterima dan Ho ditolak. Korelasi antara variabel sangat kuat atau sangat tinggi dan besaran konstribusi pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII B1 MTs Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro sebesar 88%. Hal ini berdasarkan analisa KD r “hitung”(0,939)² × 100% = 88%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 02:48 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/341 |