ACHMAD ANWARUDDIN, 20200890101002 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP AL-MA'RUF KEMLAGIGEDE TURI LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
![[thumbnail of Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101002_ACHMAD ANWARUDDIN.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101002_ACHMAD ANWARUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Karakter, Kepedulian Sosial, Peran Guru, SMP Al- Ma’ruf.
Manusia sebagai makhluk sosial memiliki kebutuhan akan interaksi dan kepedulian terhadap sesama. Kepedulian sosial, yang mencakup tindakan seperti kasih sayang dan empati, adalah kunci untuk memperkuat hubungan sosial dan mencegah masalah dalam masyarakat. Pendidikan karakter, termasuk pengembangan nilai-nilai sosial, menjadi aspek penting dalam pembangunan generasi yang bermartabat. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memainkan peran vital dalam menginternalisasi nilai-nilai agama dan karakter kepedulian sosial, terutama di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif di SMP AL-MA'RUF Kemlagigede Turi Lamongan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan keabsahan data.
SMP Al Ma'ruf Kemlagigede mengintegrasikan karakter kepedulian sosial melalui silabus, RPP, dan berbagai kegiatan seperti gotong royong, bakti sosial, piket kelas, sholat dhuha berjama'ah, dan ngaji bandongan. Praktik lapangan seperti membantu siswa yang mengalami musibah dan menjenguk guru yang sakit juga dilakukan. Internalisasi karakter kepedulian sosial membawa dampak positif berupa peningkatan kesadaran sosial siswa, pembentukan karakter peduli dan empati, penguatan solidaritas, pengembangan keterampilan sosial, dan partisipasi aktif dalam kegiatan sosial. Melalui berbagai kegiatan ini, SMP Al Ma'ruf Kemlagigede berhasil membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kesadaran sosial yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 02 Mar 2025 04:11 |
Last Modified: | 02 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/330 |