ANDIKA DARMAWAN, 22089046 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH SMPN 1 BAURENO. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089046_ANDIKA DARMAWAN.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089046_ANDIKA DARMAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kata kunci: Internalisasi Nilai, Pendidikan Islam Moderat, Pelajaran PAI
Fenomena yang terjadi sekarang menjadi bukti bawasannya kerukunan umat
beragama semakin tidak melekat pada diri individu seseorang atau kelompok, mereka
cenderung apatis dan anarkis kepada pemeluk agama lain sehingga terjadi sikap
intoleran dan menyebabkan pepecahan. dilihat dari realitas diatas dapat menjadi
ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk menganalisa tentang Internalisasi Nilai-Nilai
Pendidikan Islam Moderat Dalam Pembelajaran PAI Di SMP N 1 Baureno, dengan
rumusan masalah: (1) apa saja internalisasi nilai-nilai pendidikan islam moderat dalam
pembelajaran PAI DI SMP N 1 baureno? (2) bagaimana proses internalisasi nilai-nilai
pendidikan islam moderat dalam pembelajaran PAI DI SMP N 1 baureno?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya
menggunakan Miles and Humberman yakni meliputi pengumpulan data (data
collection), reduksi data (data reduction), tampilan data (data display), dan penarikan
atau verifikasi kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) internalisasi nilai-nilai pendidikan
islam moderat dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 baureno ialah menanamkan
karakter moderasi islam seperti tawassuth (seimbang), I’tidal (adil), tasammuh
(toleransi), disekolah ini menggunakan metode praktek, ceramah, diskusi, dan
pendekatan dua arah antara guru dan siswa. (2) proses internalisasi nilai-nilai
pendidikan islam moderat dalam pembelajaran PAI DI SMP N 1 baureno dengan
melalui tiga tahap yakni yang pertama tahap transformasi, disini guru menjadi
informan, memberi tahu kepada siswa apa arti moderasi islam tahap transaksi, disini
guru mempraktekkan bagaimana cara memahami moderasi islam dan murid menimbal
balik dan tahap transinternalisasi disini murid diuji pemahaman dari tahap sebelumnya
melalui evaluasi dan kegiatan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:28 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/316 |