MOCHAMAD FAIDLUL ABRORI, 20190890101026 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MTS TASHWIRUL AFKAR KETANEN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of a. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
a. COVER.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of g. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
g. ABSTRAK.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of i. BAB I - BAB VI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
i. BAB I - BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB)
![[thumbnail of FULL TEXT _S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20190890101026_MOCHAMAD FAIDLUL ABRORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT _S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20190890101026_MOCHAMAD FAIDLUL ABRORI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Ekstrakurikuler Keagamaan.
Pendidikan di Indonesia dalam dekade akhir ini banyak menuai problem yang salah satunya mulai merosotnya moralitas atau karakter yang melanda generasi muda. Seperti banyak siswa yang memperlihatkan karakter yang dianggap kurang baik seperti pergaulan bebas, tawuran dan yang lainnya. Dengan adanya problem tersebut maka perlu adanya beberapa trobosan salah satunya dengan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diterapkan melalui pengajaran di dalam kelas ataupun di luar kelas seperti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Oleh karena itu peneliti fokus pada: Proses dan Implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang diharapkan bisa menjadi solusi dalam membentuk karakter religius siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan prosedur observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasi nilai-nilai ini sudah berjalan dengan baik dan menggunakan strategi yang baik. Ada empat tahapan yang dilakukan yaitu tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, tahap pembiasaan, tahap transinternalisasi dan tahap evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, pembiasaan, koreksi dan pengawasan. Nilai-nilai yang diinternalisasikan adalah nilai i’tiqodiyah, khuluqiyah, dan amaliyah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/312 |