INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL DI PERUMAHAN SUMPUT ASRI DRIYOREJO GRESIKINTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL DI PERUMAHAN SUMPUT ASRI DRIYOREJO GRESIK

NOVIYANTI ARINI, 22089042 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL DI PERUMAHAN SUMPUT ASRI DRIYOREJO GRESIKINTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MASYARAKAT PLURAL DI PERUMAHAN SUMPUT ASRI DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 6.  BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089042_NOVIYANTI ARINI.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089042_NOVIYANTI ARINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Masyarakat Plural.

Penelitian tentang Internalisasi nilai pendidikan islam ini, berawal dari
keingintahuan peneliti tentang bagaimana masyarakat perumahan sumput asri
yang majemuk dengan latar belakang kepercayaan yang berbeda bisa hidup saling
berdampingan dan harmonis. Sebagaimana kita ketahui bahwa banyaknya
pemikiran tentang masyarakat perumahan yang bersifat individualis. Bagaimana
mereka bisa menjaga kerukunan yang ada dalam hidup bertetangga sehari-hari
dengan tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kualitatif atau disebut juga
dengan penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah studi
internalisasi nilai-nilai pendidikan islam di Perumahan Sumput Asri. Pendekatan
fenomologi digunakan untuk memahami bagaimana proses pendidikan yang
berlangsung di perumahan tersebut melalui keterlibatan peneliti baik secara
langsung maupun tidak langsung. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui
tiga cara yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yakni 1. Nilai-nilai pendidikan islam moderat yang ada
diperumahan sumput asri dapat membentuk karakter masyarakat yang baik,
saling menghormati, menghargai, dan tolong menolong antar sesama. Diantara
nilai-nilai tersebut adalah: Nilai Akidah, Nilai Akhlaq, Nilai akhlaq, Nilai
Beribadah, Nilai Kehidupan Bermasyarakat, Nilai Hubungan Sosial, 2.
Internalisasi Nilai-nilai pendidikan Islam Moderat di Perumahan Sumput Asri
memiliki 3 tahapan yaitu: a.Transformasi nilai, Tahapan ini terjadi melalui
pendidikan usia dini yang ada di TPQ. Pada pendidikan TPQ tersebut guru akan
memberikan nilai-nilai agama islam yang dapat dipraktekkan oleh peserta didik.
Seperti contoh ketika guru menjelaskan kepada murid-muridnya agar selalu
membantu, menghargai sesama teman meskipun mereka berbeda dalam hal agama
atau yang lain. b. Tahap Transaksi nilai di perumahan sumput asri terjadi
dikehidupan sehari-hari, terlebih ketika berada di dalam organisasi yang ada.
Melalui organisai, masyarakat perumahan berinteraksi antar sesama dengan
berbagi pendapat satu sama lain.c. Tahap Transinternalisasi, pada tahapan ini
masyarakat sumput asri menerapkan nilai-nilai pendidikan islam melalui beberapa
cara yaitu: menyimak, menanggapi, memberi nilai, mengorganisasikan nilai,
karakteristik nilai. 3. Hasil dari proses internalisasi pendidikan islam moderat
yang ada diperumahan sumput adalah kehidupan masyarakat yang harmonis antar
sesama, Organisasi-organisasi di perumahan sumput asri menjadi bukti bahwa
tidak ada perbedaan diantara mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Islam > Berbasis Masyarakat
Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 24 Feb 2025 05:02
Last Modified: 24 Feb 2025 05:02
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item