PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP DINIYYAH NU LAMONGAN

ZULFAH ARISTIANAH, 20200890101141 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI SMP DINIYYAH NU LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101141_ZULFAH ARISTIANAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101141_ZULFAH ARISTIANAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar Siswa dan Mata Pelajaran Fiqih.
Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar terkait rendahnya mutu pendidikan, meskipun berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkannya. Faktor lingkungan, termasuk lingkungan sekolah, turut mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di SMP Diniyyah NU Lamongan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif survey data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi adapun data yang dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Dalam penelitian ini menggunakan sample yang berjumlah 30 siswa.
Hasil perhitungan “rxy” adalah 0,397 lebih besar daripada “r” pada taraf signifikan 5% db 28 adalah 0,374 dan taraf 1% 0,478. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dilihat bahwa ro lebih besar dari rt, maka konsekuensinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Jadi, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP Diniyyah NU Lamongan. Dari rxy yang diperoleh sebesar 0,397, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang besarnya antara 0,20-0,399 maka dapat diketahui bahwa pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP Diniyyah NU Lamongan adalah “rendah”. Hal ini dapat disimpulkn bahwa pengaruh motivasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran saja, akan tetapi juga dikarenakan faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:00
Last Modified: 24 Feb 2025 03:00
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item