PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDRECT LEARNING BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP NEGERI 3 SINGGAHAN TUBAN

ZAHRATUN NABILA, 20200890101139 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDRECT LEARNING BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SMP NEGERI 3 SINGGAHAN TUBAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101139_ZAHRATUN NABILA.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101139_ZAHRATUN NABILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Direct Learning, Media Crossword Puzzle, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi berawal dari fenomena di sekolah guru sering menggunakan strategi yang monoton, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kemampuan merancang dan mengimplimentasikan berbagai strategi pembelajaran serta dapat memilih strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran crossword puzzle. Karena dengan menggunakan strategi ini dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan memperkuat keterampilan sosial mereka. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) untuk mengetahui berapa besar perbedaan nilai sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan tipe One Grup Pre-test Post-test. Penelitian ini menggunakan populasi yakni seluruh kelas VII yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data ynag dilakukan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus T-test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Singgahan Tuban. Dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel baik pada tt.ts.5%= 2,08 dan tt.ts.1%= 2,72. Maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada tt yaitu: 2,08<15,52>2,72. Dan perbedaan besaran nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Singgahan diketahui skor rata-rata pre-test 1840 dan hasil post-test menunjukkan rata-rata 2655 dan Koefisien Determinannya adalah 4,087%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 23 Feb 2025 07:40
Last Modified: 23 Feb 2025 07:40
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item
View Item