PERAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL" (Studi Kasus di Universitas KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto)

ITA PUTRI MAGFIROH, 22089037 (2024) PERAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL" (Studi Kasus di Universitas KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089037_ITA PUTRI MAGFIROH.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089037_ITA PUTRI MAGFIROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran, Perguruan Tinggi, Pesantren, Tantangan Global

Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional telah berkontribusi
pada pengembangan karakter dan keberagamaan masyarakat. Perguruan tinggi
berbasis pesantren telah muncul sebagai model pendidikan yang menawarkan
integrasi antara agama dan sains. Tantangan global seperti globalisasi, teknologi,
dan perubahan iklim memerlukan pendidikan yang lebih inovatif dan
adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Universitas KH. Abdul
Chalim (UAC) Pacet Mojokerto sebagai perguruan tinggi berbasis pesantren dalam
menghadapi tantangan global. Fokus penelitian ini adalah pada integrasi kurikulum
pendidikan tinggi dengan nilai-nilai pesantren, pembinaan karakter mahasiswa,
serta kontribusi UAC dalam bidang penelitian, inovasi, dan kolaborasi
internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan
analisis dokumentasi. Subjek penelitian meliputi dosen, mahasiswa, dan pengelola
kurikulum di UAC. Analisis data dilakukan dengan metode pengkodean,
kategorisasi, dan interpretasi untuk mengidentifikasi tema-tema utama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UAC berhasil mengintegrasikan nilai�nilai pesantren dalam kurikulum pendidikan tingginya melalui mata kuliah dan
budaya pesantren yang di terapkan di kampus, selain itu juga ada lima mata kuliah
wajib: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Aswaja, Akuntansi, dan IT. Pendekatan ini
tidak hanya memperkuat karakter mahasiswa tetapi juga mempersiapkan mereka
untuk menghadapi tantangan global. Selain itu, UAC menunjukkan relevansi
kurikulumnya dengan tantangan global melalui penekanan pada keterampilan
teknologi dan ekonomi yang diperlukan di pasar kerja modern. Pembinaan karakter
berbasis pesantren di asrama juga efektif dalam membentuk sikap dan keterampilan
mahasiswa, menjadikan mereka individu yang berakhlak mulia dan siap
berkompetisi di tingkat global. Kontribusi UAC dalam penelitian dan inovasi
terlihat dari berbagai program dan fasilitas yang disediakan untuk mendukung
pengembangan akademis dan praktis mahasiswa. Kolaborasi internasional yang
dijalin oleh UAC juga memperkuat posisi institusi ini dalam kancah pendidikan
global.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok Pesantren
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 23 Feb 2025 03:38
Last Modified: 23 Feb 2025 03:38
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item
View Item