PUTRI DIANA MANZIL, 20200890101126 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MAMBAUS SHOLIHIN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
![[thumbnail of FULL TEKS S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101126_PUTRI DIANA MANZIL.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEKS S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101126_PUTRI DIANA MANZIL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kata Kunci: Media Monopoli, Minat Belajar
Pembelajaran sangat dipengaruhi oleh minat belajar, penurunan minat belajar pasti akan diikuti dengan penurunan motivasi dan hasil belajar. Menurut beberapa guru PAI, siswa tidak tertarik untuk belajar PAI. Ini mungkin karena pelajaran PAI dianggap tidak semenantang matematika atau IPA, atau mungkin karena pelajaran PAI tidak di-UN-kan. Dari latar belakang tersebut, maka diperlukan solusi untuk mengatasinya, salah satu solusinya adalah dengan lebih kreatif dalam pembelajaran seperti menguakan media yang berbeda. Dalam penelitian ini media monopoli menjadi salah satu solusi yang dapat di coba dalam minat belajar pada maa pelajaran SKI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran dan juga untuk megetahui seberapa besar kontribusi pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap minat belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Jenis pendekatan yang digunakan yakni menggunkan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre ekperimental design one gruop pretest postest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji nomalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan dalam penggujian hipotesisnya menggunakan rumus paired sampel t test untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Minat Belajar Siswa dan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh kontribusinya menggunakan rumus koefisien determinan
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dalam penggunaan media monopoli terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik, hal ini di buktikan dengan mengetahui bahwa df sebesar 31 dengan hasil paired sampel t test sebesar 15,003 yang mana lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikansi 1%= 2,744 ataupun pada taraf signifikansi 5%= 2,040. Hal ini membuktikan Ha yang diajukan diterima dan Ho di tolak. Besar kontribusi pengaruh penggunaan media monopoli terhadap minat belajar sebesar 95,4% yang berarti minat belajar tidak hanya dipengaruhi oleh media monopoloi tapi juga dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 03:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/286 |