OKTAVIA NURUL FAIZAH, 20200890101125 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X SMK ISLAMIC QON GKB GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (180kB)
![[thumbnail of 6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101125_OKTAVIA NURUL FAIZAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101125_OKTAVIA NURUL FAIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament, Prestasi Belajar Siswa.
Dalam penelitian ini terdapat permasalahan yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI menurun, salah satunya disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran yang masih tergolong monoton. Hal tersebut yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh dikelas dan siswa kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru, Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai model pembelajaran. Karena model pembelajaran merupakan jembatan yang membantu keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT yaitu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompokkelompok. Setiap siswa dalam kelompok mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda-beda (tinggi, sedang dan rendah). Penggunaan model yang beraneka ragam serta pemanfaatan media sebaik-baiknya dapat dijadikan upaya untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar kontribusi Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Islamic Qon GKB Gresik.
Peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain pre-eksperimental design, dengan rancangan one group pretest-postest. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelas eksperimen tanpa kelompok control. Sampelnya adalah kelas X AK 2 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment dan koefisien determinan.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahawa terdapat pengaruh antara model pembelajaran cooperative learning tipe TGT terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMK Islamic Qon GKB Gresik dengan �ℎ�����( �0 = 0,839 ) dan ������ (��.��5%= 0,334) dan (��.��1%= 0,430). Maka
�ℎ�����>������ yaitu 0,334 < 0,839 > 0,430, yang sesuai dengan intepretasi yaitu tergolong “kuat”, sedangkan besaran kontribusi pengaruhnya adalah 70,3% karena dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain juga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 03:03 |
Last Modified: | 22 Feb 2025 03:03 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/285 |