MOCH. AINUL MAJID, 22089029 (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDIFERENSIASI PENGUATAN PELAJAR PANCASILA (Studi kasus di SMPN 4 Lamongan). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089029_MOCH AINUL MAJID.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089029_MOCH AINUL MAJID.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Pelajar Pancasila, PAI.
Proses belajar mengajar hendaknya memperhatikan perbedaan individu di
kelas untuk memudahkan tercapainya tujuan belajar yang setinggi-tingginya.
Pembelajaran yang hanya mempertimbangkan satu tingkat sasaran kemungkinan
besar akan gagal memenuhi kebutuhan seluruh siswa.. Berangkat dari permasalahan
tersebut peneliti tertarik untuk menganalisa tentang Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Berdiferensiasi Penguatan Pelajar Pancasila Studi Kasus di SMP
Negeri 4 Lamongan dengan Rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Berdiferensiasi Penguatan Pelajar Pancasila ? (2) Apa
Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berdiferensiasi Penguatan Pelajar Pancasila ?.
Desain dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Untuk pendekatan
penelitian ini adalah studi kasus, pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. analisis data tunggal berpijak pada Miles, Hubermen
dan saldana yaitu pengumpulan data, condensate, display dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Berdiferensiasi Penguatan Pelajar Pancasila di SMP Negeri 4 Lamongan
dilaksanakan melalui deferensiasi Konten, Proses dan Produk dengan tiga tahapan
yaitu yang pertama tahap persiapan, guru berperan sebagai perancang, fasilitator
dan motivator. Yang kedua tahap pelaksanaan yang terbagi menjadi tiga kegiatan
yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Tahap yang ketiga adalah evauasi
yang dilaksanakan berbentuk asesmen formatif dan sumatif. Dalam penelitian ini
peneliti menemukan bahwa dalam Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan untuk
mengakomodasi keberagaman siswa dengan menghargai gaya belajar, kecerdasan,
minat, dan kebutuhan individu yang berbeda. Dan tujuan utamanya adalah
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyediakan materi yang relevan
dengan tingkat pemahaman siswa. Aktifnya partisipasi siswa dalam pembelajaran
melalui berbagai metode yang menarik, yang tidak hanya meningkatkan pencapaian
akademik mereka tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan
kemandirian belajar. Dan berperan penting dalam membangun karakter dengan
mempromosikan nilai-nilai moral, sosial, dan etika, termasuk nilai Pancasila, untuk
membentuk individu yang tangguh dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat
serta memiliki komitmen yang kokoh terhadap kemanusiaan dan keadilan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 05:33 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 05:33 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/283 |