STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KASUS BULLYING ANTAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUS SHOLIHIN

NUR AINIYAH, 20200890101121 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KASUS BULLYING ANTAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MAMBAUS SHOLIHIN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101121_NUR AINIYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101121_NUR AINIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi guru, bullying

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying di MTs Mambaus Sholihin, penyebab terjadinya bullying di MTs Mambaus Sholihin, strategi guru PAI dalam mengatasi bullying di MTs Mambaus Sholihin, dan hasil dari strategi yang telah dilakukan guru PAI dalam mengatasi bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam (akhlak), Guru BK, waka kesiswaan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, bullying yang terjadi di MTs Mambaus Sholihin meliputi bullying verbal (mengejek), dan non verbal ( memandang dengan tatapan sensi) sementara itu penyebab siswa melakukan bullying di MTs Mambaus Sholihin adalah karena faktor dari lingkungan pergaulan. Kemudian upaya yang digunakan guru di MTs Mambaus Sholihin untuk mengatasi bullying adalah (1) memberikan himbauan/ nasehat, (2) melakukan pengawasan, (3) memberikan hukuman, dan (5) bekerja sama dengan orang tua. Adapun hasil dari strategi ekspositori yang dilakukan oleh guru akhlak dalam mengatasi kasus bullying adalah siswa menjadi lebih baik dengan termotivasi dari apa yang dilakukan guru tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kekerasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 15 Feb 2025 05:56
Last Modified: 15 Feb 2025 05:59
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item
View Item