PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DENGAN METODE INSERSI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Studi Kasus di MA Sains Qur'an Ar-Ridwan Bojonegoro)

AHMAD ROKHISULLOH, 22089025 (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DENGAN METODE INSERSI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ (Studi Kasus di MA Sains Qur'an Ar-Ridwan Bojonegoro). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089025_AHMAD ROKHISULLOH.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089025_AHMAD ROKHISULLOH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : moderasi beragama, metode insersi, Aqidah Akhlaq.
Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di kalangan siswa menjadi salah
satu fokus penting dalam pendidikan di Indonesia, terutama dalam mencegah
radikalisme dan ekstremisme. Latar belakang penelitian ini adalah untuk
memahami bagaimana metode insersi dapat digunakan dalam mata pelajaran
Aqidah Akhlaq untuk mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa di
MA SAINS Qur'an Arridwan Sukorejo Bojonegoro. Sebagai sebuah lembaga
pendidikan, MA SAINS Qur'an Arridwan memiliki tanggung jawab untuk
membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga
memiliki akhlak mulia dan sikap beragama yang moderat.
Kajian teori dalam penelitian ini mencakup konsep moderasi beragama yang
merujuk pada sikap tengah-tengah, tidak ekstrim dalam beragama, dan menghargai
perbedaan. Metode insersi adalah pendekatan pendidikan di mana nilai-nilai
tertentu disisipkan secara terstruktur dalam materi pelajaran yang ada. Dalam
konteks mata pelajaran Aqidah Akhlaq, metode ini dapat dilakukan melalui
penyusunan materi ajar, kegiatan diskusi, dan praktek langsung yang mendorong
siswa untuk mengamalkan nilai-nilai moderasi dalam kehidupan sehari-hari. Teori
pendidikan nilai juga menjadi landasan dalam penelitian ini, dengan penekanan
pada pentingnya integrasi nilai-nilai dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode insersi efektif dalam
menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di MA SAINS Qur'an Arridwan
Sukorejo Bojonegoro. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dan penerapan
nilai-nilai moderasi dalam kehidupan mereka. Diskusi kelas dan kegiatan
ekstrakurikuler yang dirancang untuk mendukung pembelajaran Aqidah Akhlaq
berhasil mengembangkan sikap toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan
penolakan terhadap tindakan ekstremisme. Temuan ini menunjukkan bahwa
pendidikan nilai melalui metode insersi dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq dapat
menjadi model yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dalam upaya
membentuk generasi yang beragama dengan sikap moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Kehidupan Beragama > Islam Moderat
Kehidupan Beragama
Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:07
Last Modified: 13 Feb 2025 03:07
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item
View Item