NUR AFIFAH, 22089014 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTs PUTRA PUTRI LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of A. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A. COVER.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of G. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G. ABSTRAK.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of BAB II (4).pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II (4).pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089014_NUR AFIFAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089014_NUR AFIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (638kB)
Abstract
Kata Kunci:Active learning, Efektifitas belajar siswa, Pendidikan Agama Islam
Strategi pembelajaran di MTs Putra Putri Lamongan menggunakan active learning.
Pada perkembangannya zaman saat ini perlu diperhatikan karena strategi
pembelajaran aktif adalah cara terbaik untuk mendorong aktivitas dan partisipasi
siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran, menciptakan suasana yang
mengembangkan inisiatif dan tanggung jawab belajar siswa baik dalam bentuk
interaksi siswa ke siswa, atau siswa ke guru selama proses pembelajaran
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di
MTs Putra Putri Lamongan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dikelola dengan mengelompokkan data, menganalisis, menginterpretasikan dengan
validitas data.
Hasil penelitian ini menunjukkan dengan adanya strategi active learning terhadap
efektifitas belajar siswa pada pada pembelajaran pendidikan agama islam di MTs
Putra Putri Lamongan yakni Mengajukan Pertanyaan, Mengadakan diskusi
kelompok kecil, Aktivitas pemecahan masalah, Pembelajaran kolaboratif,
Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran berbasis proyek, Pemanfaatan atau
penggunaan teknologi. Dan juga terdapat kendala seperti terletak pada keterampilan
guru, keterampilan siswa, dan kurangnya kolaborasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 02:49 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/259 |