MELY QURROTA A'YUNIL HAQ, 22089013 (2024) ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEBIJAKAN PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERAT DI UPT SMPN 22 GRESIK. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of A. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A. COVER.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of G. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
G. ABSTRAK.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of BAB II (3).pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II (3).pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089013_MELY QURROTA A'YUNIL HAQ.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089013_MELY QURROTA A'YUNIL HAQ.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Islam Moderat, Kepala sekolah
Sekolah sebagai lembaga pendidikan memegang peran sentral dalam
penyampaian nilai-nilai pendidikan Islam moderat kepada siswa. Di tengah
dinamika masyarakat yang beragam, sekolah memiliki tanggung jawab untuk
menerapkan pendidikan Islam yang sesuai dengan semangat moderat,
menghindari ekstremisme, serta mendorong pengembangan pemikiran kritis dan
toleransi antaragama. Salah satu faktor kunci yang berperan dalam mewujudkan
tujuan tersebut adalah kepemimpinan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah: 1. Bagaimana peran kepemimpinan sekolah dalam mengembangkan
kebijakan penanaman nilai Pendidikan islam moderat di UPT SMPN 22 Gresik?
2. Bagaimana implementasi kebijakan penanaman nilai Pendidikan islam moderat
di UPT SMPN 22 Gresik?
Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif,
lokasi penelitian di UPT SMPN 22 Gresik. Subyek penelitian adalah kepala
sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru pendidikan Agama Nasrani, Guru
PPKN, dan siswa UPT SMPN 22 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. UPT SMPN 22 Gresik
menunjukkan bahwa di sekolah tersebut mempunyai nilai positif terhadap
penerapan nilai pendidikan islam moderat. Dalam konteks ini pentingnya
penanaman nilai pendidikan islam moderat di sekolah yang menjadi faktor pemicu
bagi warga sekolah agar mampu hidup berdampingan dengan yang lain. Hal
tersebut adalah kebijakan yang diambil dari hasil musyawarah ditingkat kepala
sekolah yang kemudian di kembangkan oleh kepala sekolah UPT SMPN 22
Gresik. 2. Implementasi kebijakan penanaman nilai Pendidikan islam moderat di
UPT SMPN 22 Gresik untuk siswa muslim masuk pada kurikulum PAIBP yang
diampuh oleh guru PAI, dan penanaman sikap moderasi beragama untuk siswa
yang non muslim masuk pada kurikulum pendidikan keagamaan nasrani yang
dipimpin oleh guru agama nasrani juga. untuk penerapan moderasi beragama juga
masuk pada kurikulum mata pelajaran PPKN yang diampuh oleh guru PPKN.
Implementasi nilai pendidikan islam moderat di UPT SMPN 22 Gresik menjadi
landasan utama dalam membentuk karakter siswa yang mengedepankan sikap
toleran, rasa empati, dan keadilan sebagaimana yang sudah dipaparkan diatas
bahwa warga UPT SMPN 22 Gresik sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan
islam moderat berupa tawassuth, tasamuh, tawazun dan i’tidal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Manajemen dan Organisasi Sekolah |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/258 |