PENERAPAN ICE BREAKING DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP TERPADU AL-MUBTADI'IN GERDU BANARAN BABAT LAMONGAN

NILA DHILLUL MILLAH, 20200890101119 (2024) PENERAPAN ICE BREAKING DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP TERPADU AL-MUBTADI'IN GERDU BANARAN BABAT LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101119_NILA DHILLUL MILLAH.pdf] Text
Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101119_NILA DHILLUL MILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Ice Breaking, Motivasi Belajar
Penerapan ice breaking dapat dilakukan dimana saja seperti didalam kelas atau diluar kelas dan disesuaikan dengan space ruang yang dibutuhkan. tetapi terdapatbeberapa pendidik yang sering mengguanakan metode ceramah saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut membuat peserta didik merasa bosan dan sulit menerima materi yang dijelaskan oleh pendidik, karena pembelajarannya sangat monoton. Tetapi apabila mereka diberikan pembelajaran yang diselingi dengan metode ice breaking, peserta didik merasa pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Didalam metode ice breaking pendidik harus memberikan motivasi setiap proses pembelajaran berlangsung, karena motivasi tersebut bisa mempengaruhi peningkatan semangat peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Ice breaking yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VIII di SMP Terpadu Al-Mubtadi’in Gerdu Banaran Babat Lamongan?. (2) Bagaimana relevansi perkembangan penerapan Ice breaking dalam motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Terpadu Al-Mubtadi’in Gerdu Banaran Babat Lamongan?.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan, (1) penerapan ice breaking di SMP Terpadu Al-Mubtadi’in Gerdu Banaran Babat Lamongan dilakukan secara spontan yang meliputi ice breaking dengan menggunakan games, yel-yel, tebak-tebakan, tepuk tangan, gerak badan dan juga menggunakan video pembelajaran dengan proyektor. (2) relevansi perkembangan penerapan ice breaking dalam motivasi belajar siswa yaitu peserta didik lebih semangat dan termotivasi jika diberikan ice breaking di sela-sela pembelajaran agar tidak bosan dan januh dengan pembelajaran yang hanya dominan di IQ nya dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 09 Feb 2025 04:45
Last Modified: 09 Feb 2025 04:45
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item
View Item