MUNZIDAH, 20089010 (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA LEMBAGA NON FORMAL (STUDI KASUS DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DESA PETISBENEM KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN KABUPATEN GRESIK). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK B. INDONESIA DAN B. INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK B. INDONESIA DAN B. INGGRIS.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089010_MUNZIDAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089010_MUNZIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kata kunci: Penanaman, Nilai-nilai Islam, Moderat.
Didalam kehidupan bermasyarakat yang penuh dengan keragaman ini kita harus
mempersiapkan generasi yang siap menghadapi itu semua dari mulai usia dini. Dengan
tidak menyampingkan ilmu agama apalagi dalam belajar membaca Al-quran, pada
anak usia dini pastilah orang tua mengarahkan anaknya ke TPQ atau lainya yang
memperdalam ilmu Al-quran. Selaras dengan hal tersebut para orang tua tidak hanya
mencari lembaga yang berkonsentrasi dalam pembelajaran lancar dalam membaca,
akan tetapi mereka para orang tua memilih lembaga yang bagus dengan menerapkan
nilai-nilai moderasi. Dengan harapan anak-anak mereka tidak hanya lancar dalam
membaca Al-quran sekaligus pandai dalam bersosialisasi dan pandai dalam
menghadapi perbedaan dikehidupan kelak.
Berangkat dari realitas diatas dapat menjadikan ketertarikan sendiri bagi peneliti untuk
menganalisa tentang Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Lembaga Islam Non
Formal ( Studi Kasus Di Taman Pendidikan Al-Quran Miftahul Mubtadiin Desa
Petisbenem Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik), dengan rumusan masalah
sebagai berikut: (1) Bagaimana Penanaman Nilai-nilai islam moderat di Tpq Miftahul
Mubtadiin? (2) Bagaimana hambatan yang dialami dalam penanaman nilai Islam
moderat di Tpq Miftahul Mubtadiin dan bagaimana solusinya?
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penanaman Nilai-nilai islam moderat di Tpq
Miftahul Mubtadiin, yaitu: a) pembacaan diba’ dan tahlil; b) keikutsertakan dalam
acara besar Islam; c) hafalan doa-doa solat dll sesuai dengan ajaran nahdiyyin. 2)
Hambatan yang dialami dalam penanaman nilai Islam moderat di Tpq Miftahul
Mubtadiin dan bagaimana solusinya, yaitu: a) santri yang absen; b) guru yang tidak
masuk; c) memberikan reward dan punishmand
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 04:08 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/230 |