IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MENANAMKAN NILAI MODERASI PADA PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di MAN 1 Lamongan)

ARISKA A'YUNA FUADIYA, 20089007 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MENANAMKAN NILAI MODERASI PADA PESERTA DIDIK (Studi Kasus Di MAN 1 Lamongan). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf] Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of FULL TEXT_ S.2_ TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089007_ARISKA A'YUNA FUADIYA.pdf] Text
FULL TEXT_ S.2_ TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089007_ARISKA A'YUNA FUADIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Madrasah Ramah Anak, Moderasi.

Allah menciptakan makhluqnya dengan bentuk dan karakter yang berbeda�beda, sebagaimana Indonesia. Indonesia dengan bersemboyankan Bhineka
Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu jua mengantarkan kedalam kedamaian.
Dalam perbedaan, sikap moderat sangat diperlukan, terlebih dalam dunai
pendidikan. Namun masih banyak dilihat kasus kekerasan dan mengatasnakan
perbedaan yang menjamur di lingkungan pendidikan dan menyebabkan anak tidak
mendapat haknya. Oleh karena itu disini MAN 1 Lamongan yang merupakan
salah satu Madrasah dan sudah mengimplementasikan program Madrasah Anak
berkomitmen dalam membantu memberikan hak-hak anak serta kenyamanan anak
dilingkungan Madrasah, tidak akan ada kekerasan yang terjadi pada anak dan
mampu menanamkan nilai moderasi pada peserta didik. Permasalahan yang dikaji
adalah: 1)Implementasi program madrasah ramah anak dalam menanamkan nilai
moderasi pada peserta didik di MAN 1 Lamongan ? 2) Apa implikasi
implementasi program madrasah ramah anak dalam menanamkan nilai moderasi
pada peserta didik di MAN 1 Lamongan?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan
analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, sehingga data-data yang diperoleh akan menghasilkan data-data
deskriptif yang bersifat alamiah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan
tringulasi dengan sumber, teknik dan waktu.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi program madrasah
ramah anak dalam penanaman nilai moderasi pada peserta didik 1. Kominukasi
dengan melalui kegiatan PIK-R dan pembeiasaan 3S. 2. Menjamin sumberdaya
manusia dengan melakukan pelatihan dan sumberdaya sarana prasaran, 3.
Menerapkan pembelajaran yang ramah dan memberikan hukuman yang mendidik,
4. Pembuatan struktur TIM madrasah ramah anak. 2) Implikasi implementasi
program madrasah ramah anak dalam menanamkan nilai moderasi pada peserta
didik adalah menumbuhkan sikap tasamuh (toleransi) pada peserta didik,
menumbuhkan sikap tawasuth (ditengah-tengah) pada peserta didik,
menumbuhkan sikap adil pada peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Kehidupan Beragama > Islam Moderat
Kehidupan Beragama
Pendidikan
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 08 Feb 2025 03:46
Last Modified: 08 Feb 2025 03:46
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item
View Item