DANA AMALIA, 20200890101106 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL ISLAM GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER .pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER .pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_2020089010106_DANA AMALIA.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_2020089010106_DANA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK .pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK .pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Media Quizizz, Hasil Belajar.
Pendidikan di Indonesia menjadi kunci penting dalam kemajuan bangsa. Namun fenomena rendahnya hasil belajar siswa menghambat kemajuan tersebut. terbukti bahwa pada salah satu sekolah di Indonesia menujukkan bahwa 68% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dari latar belakang tersebut, maka diperlukan sebuah solusi untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan kreatif dalam penggunaan media. Dalam penelitian ini media Quizizz adalah media yang dipilih peneliti untuk diuji cobakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan juga untuk mengetahui besar pengaruh pengguanan media Quizizz terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran Fikih di MTs Nurul Islam Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimet One Group Pretest-Posttes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Sedangkan dalam pengujian hipotesisnya menggunakan rumus Product Moment untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap peningkatan hasil belajar siswa. dan untuk mengetahui besar pengaruhnya peneliti menggunakan rumus Koefisien Determinan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media Quizizz terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran Fikih di MTs Nurul Islam Gresik, hal ini dibuktikan bahwa besar df adalah 23, yang mana dapat diketahui bahwa nilai rxy atau r_hitung lebih besar dari pada r_tabel pada taraf signifikasi 5%yakni 0,458>0,396 yang dapat disimpulkan bahwasanya hipotesa nihil (�0) ditolak, sedangkan hipotesa alternative (��) diterima. Dan besar kontribusi pengaruh media Quizizz tehadap peningkatan hasil belajar siswa adalah 20,9% yang dibulatkan menjadi 21% berarti 79% hasil belajar siswa juga di pengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:11 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/214 |