NURIYATUL HUSNIYAH, 20200890101086 (2024) PENGARUH METODE WAHDAH TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN SURAH-SURAH PENDEK DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS VII A MTS SUNAN GIRI SURABAYA. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 Cover.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 Cover.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101086_NURIYATUL HUSNIYAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101086_NURIYATUL HUSNIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata kunci : metode wahdah, peningkatan hafalan surah-surah pendek.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh, penurunan hafalan surah-surah pendek peserta didik. Yang mana juga banyak peserta didik tidak memperhatikan bacaan tajwid dengan baik. Hal ini dikarenakan kurang perhatiannya pendidik, yang mana pendidik juga tidak menyajikan ataupun menerapkan sebuah metode. Jadi peserta didik merasa bosan dan monoton pada saat proses menghafalkan. Dengan menyajikan sebuah metode yang tepat, termasuk salah satu cara yang dapat mempermudah peserta didik dalam menghafalkan. Karena dengan adanya metode hafalan yang tepat, hafalan peserta didik lebih terkontrol dengan baik, dengan itu peneliti menguji cobakan metote wahdah untuk membantu meningkatkan hafalan peserta didik.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adakah pengaruh metode wahdah terhadap peningkatan hafalan surah-surah pendek dan seberapa kontribusi pengaruh metode wahdah terhadap peningkatan hafalan surah-surah pendek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan bentuk pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Populasinya yaitu seluruh kelas VII sebanyak 97, dan sampelnya yaitu kelas VII A. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus product moment.
Dari pengujian atau penganalisisan data dari subjek penelitian bahwa terdapat korelasi antara pengaruh metode wahdah terhadap peningkatan hafalan surah-surah pendek pada mata pelajaran al qur’an hadist kelas VII A MTs sunan giri Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi product moment, bahwa dari perhitungan “r” hitung antara variabel X dengan variabel Y yaitu 0,524 yang mana rxy lebih besar dari “r” tabel pada taraf signifikan 1% maupun 5% yakni 0,418<0,524>0,355. Dan besarnya kontribusi pengaruh metode wahdah terhadap peningkatan hafalan surah-surah pendek peserta didik sebesar 27%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 08:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 08:38 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/190 |