MAULIDATUS SHINTA PRATAMA, 20200890101078 (2024) PENERAPAN STRATEGI SPIRITUAL TEACHING DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERPADU AL-MUBTADI'IN GERDU BANARAN BABAT LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (147kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI FIKS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI FIKS.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101078_MAULIDATUS SHINTA PRATAMA.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101078_MAULIDATUS SHINTA PRATAMA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci : Strategi Spiritual Teaching, Membentuk Akhlak Siswa.
Masing-masing dari pendidik harus mempunyai strategi pembelajaran. Adapun strategi pembelajaran memiliki beberapa macam, salah satunya adalah strategi spiritual teaching, yang mana strategi spiritual teaching adalah seorang pendidik memberikan dorongan peserta didik berupa motivasi, mengajarkan peserta didik agar tidak mudah menyerah dalam menuntut ilmu, agar mencintai profesinya sebagai pendidik dan peserta didik, dan menghormati orang yang lebih tua darinya, karena di zaman sekarang akhlak mereka sangat minim, oleh karena itu sebagai pendidik dituntut untuk memberikan contoh yang baik terhadap peserta didik dan harus selalu ingat oleh Allah SWT. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi spiritual teaching dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-Mubtadi’in Gerdu Banaran Babat Lamongan?(2)Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan strategi spiritual teaching dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Terpadu Al-Mubtadi’in Gerdu Banaran Babat Lamongan?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan, (1)strategi spiritual teaching yang diterapkan oleh guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak siswa adalah: memulai pembelajaran dengan membaca do’a sebelum proses pembelajaran, memberikan motivasi untuk membangkitkan semangat siswa, menyampaikan materi secara profesional, memberikan sebuah reward, membantu kesulitan siswa sehingga dapat menimbulkan pendekatan antara keduanya, penguatan diri siswa agar tetap semangat (2)faktor pendukung dan penghambat guru dalam menerapkan strategi spiritual teaching dalam membentuk akhlak siswa. Faktor pendukungnya adalah buku pedoman do’a-do’a, pemberian motivasi, pembuatan RPP/modul ajar, pemberian hadiah, pemberian game saat proses pembelajaran, penggulasan materi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 18 Jan 2025 03:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2025 03:12 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/181 |