PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ROUDLOTUL HIKMAH BANJARSARI CERME GRESIK

MASLAKHATUL UMMAH, 20200890101077 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS ROUDLOTUL HIKMAH BANJARSARI CERME GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101077_MASLAKHATUL UMMAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101077_MASLAKHATUL UMMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Index Card Match, Pemahaman Siswa
Pemahaman siswa dalam memahami materi fiqih masih cenderung rendah. Dikarenakan materi fiqih sangat luas dan relevan dengan kehidupan. Oleh karena itu, materi fiqih membutuhkan pemahaman yang lebih. Dalam pembelajaran, pemahaman dimaksudkan sebagai kemampuan siswa untuk dapat mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru. Dengan demikian, proses pembelajaran harus diubah, dan strategi pembelajaran harus diubah. Strategi merupakan komponen penting dari proses pembelajaran. Penggunaan strategi yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar siswa akan membantu guru dan siswa mencapai hasil belajar yang sangat memuaskan. Guru biasanya membuat strategi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang mereka pimpin. Strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match adalah salah satu yang dapat digunakan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design jenis One Group Pre-Test Post-Test. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 19 siswa. Peneliti memilih penelitian populasi dikarenakan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus T-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap pemahaman siswa kelas VII pada mata Pelajaran fiqih di MTs. Roudlotul Hikmah Banjarsari Cerme Gresik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus analisis uji-t paired sample t-test menggunakan bantuan software SPSS for windows 29 menunjukkan bahwa thitung t = 10.368. nilai ttabel dilihat dari tabel distribusi t diperoleh nilai t pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 2.101. hal ini menunjukkan thitung lebih besar dari pada ttabel yakni 10.368 > 2.101 dan nilai probabilitas sebesar 0.001 < 0,05, dan nilai probabilitas lebih kecil dari pada Asymp. Sig. 2 tailed. Adapun besarnya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap pemahaman siswa kelas VII di MTs. Roudlotul Hikmah Banjarsari Cerme Gresik dikategorikan “Sangat Besar”. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa hasil perhitungan sebesar 2,38 lebih besar dari pada 1 (2,38 > 1), maka dalam hal ini menyatakan bahwa pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match terhadap pemahaman siswa kelas VII di MTs Roudlotul Hikmah Banjarsari Cerme Gresik dikategorikan “Sangat Besar”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 18 Jan 2025 03:06
Last Modified: 18 Jan 2025 03:06
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item
View Item