LI IZZA DIANA MANZIL, 20200890101071 (2024) SUBJECT MATTER CURRICULUM PESANTREN DAN MADRASAH (STUDY KASUS DI MADRASAH ALIYAH DINIYAH AL-FALAHIYAH). Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S1_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101071__LI IZZA DIANA MANZIL.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S1_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101071__LI IZZA DIANA MANZIL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Subject Matter Curriculum, Pesantren, Madrasah.
Skripsi ini membahas tentang subject matter curriculum pesantren dan madrasah di MA Diniyah al-falahiyah. Kajianya keberadaan madrasah sampai sekarang ini masih dianggap sebagai Lembaga pendidikan kelas dua. Hal itu dikarenakan banyaknya lulusan madrasah yang kemampuan agamanya minim serta kemampuan ilmu yang lain tidak memadai sehingga output madrasah dianggap serba tanggung Bedasarkan hal tersebut, kurikulum pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jatidiri madrasah sebagai pusat pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi subject matter curriculum pesantren dan madrasah di madrasah Aliyah diniyah al-falahiyah. penelitian ini mengunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah diniyah al-falahiyah. Sumber data yang digunakan meliputi: informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian mencakup: (1) perencanaan subject matter curriculum pesantren dan madrasah di madrasah Aliyah diniyah al-falahiyah meliputi beberapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan organisasi kurikulum, menentukan strategi pembelajaran dan menentukan evaluasi pembelajaran. (2) pelaksanaan Subject matter curriculum pesantren dan madrasah di madrasah Aliyah diniyah al-falahiyah sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren juga tampak adanya kitab-kitab salaf (kitab kuning) sebagai sumber belajar beserta metode pembelajaran pesantren seperti bandongan,dan ceramah. (3) Evaluasi subject matter curriculum pesantren dan madrasah di madrasah Aliyah diniyah al-falahiyah dilaksanakan dengan mengunakan model CIPP (context,input,process, dan product).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum ?? pondok ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:28 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/170 |