IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DENGAN MEDIA FILM PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS NEGERI GRESIK

LAILATUL SHOFIYAH, 20200890101070 (2024) IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DENGAN MEDIA FILM PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS NEGERI GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_ PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101070_LAILATUL SHOFIYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_ PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101070_LAILATUL SHOFIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Metode Ceramah, Media Film, Sejarah Kebudayaan Islam.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh :
MTs Negeri Gresik, sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen memberikan pendidikan agama yang berkualitas, menyadari pentingnya inovasi dalam pembelajaran SKI. Salah satu inisiatif inovatif yang telah diterapkan adalah pemanfaatan metode ceramah dengan media film sebagai sarana pembelajaran. Mereka berfikir bahwa pembelajaran SKI akan membosankan apabila pengajarannya hanya menggunakan metode ceramah saja. Oleh karena itu, Melalui media film siswa dapat meningkatkan minat belajar yang lebih menarik, sehingga siswa dapat memahami materi secara baik dan tentunya siswa lebih senang ketika mengikuti pembelajaran mulai awal hingga akhir.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi metode ceramah dengan media film sangat terlihat sangat jelas perubahannya yang awalnya tidak semangat ketika mengikuti pembelajaran dan mereka berfikir bahwa pelajaran sejarah kebudayaan Islam ini pelajaran yang membosankan. Dengan ini dapat kita ketahui bahwa pentingnya guru menerapkan media audio visual pada kelas VIII. (2) faktor pendukung metode ceramah dengan media film pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam guru menguasi materi pembelajaran, sarana dan prasarana sudah terfasilitasi di setiap kelasnya dan guru juga melihat kondisi siswa atau biasanya sesuai dengan permintaan siswanya tentunya guru pasti menyesuaikan. (3) faktor penghambat media audio visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam yaitu faktor diri sendiri seperti siswa kurang minat dalam mendengarkan/ memperhatiakan penjelasan dari guru, kesehatan mata siswa pada penampilan film dan durasi video yang ditampilkan terlalu panjang menjadikan siswa bosan ketika menonton video tersebut ataupun alur cerita pada video tidak jelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Film
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:56
Last Modified: 16 Jan 2025 04:56
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item