PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU ONLINE LEARNING SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP NU KARANGREJO

FAHRIIZHATUL INAYAH, 20200890101058 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU ONLINE LEARNING SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP NU KARANGREJO. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS .pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS .pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101058_FAHRIIZHATUL INAYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101058_FAHRIIZHATUL INAYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Flipped Classroom berbantu Online learning scaffolding, Hasil Belajar, Fiqih
Penelitian ini mengkaji pengaruh model Flipped Classroom dengan scaffolding pembelajaran online terhadap capaian hasil belajar pada mata pelajaran fiqih Pendekatan Flipped Classroom melibatkan siswa yang terlibat dengan konten instruksional online sebelum kelas, memungkin an waktu di kelas untuk fokus pada kegiatan interaktif dan kolaboratif. Bantuan yang dimaksud dengan scaffolding dengan pembelajaran online memberikan dukungan dan bimbingan tambahan kepada siswa yang menavigasi materi online, meningkatkan pemahaman mereka. Melalui desain eksperimental, penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa yang terpapar model Flipped Classroom dengan perancah pembelajaran online dengan mereka yang menerima instruksi tradisional. Temuan ini mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang berpartisipasi dalam Flipped Classroom dengan perancah pembelajaran online, menunjukkan potensinya sebagai pendekatan instruksional yang efektif untuk pendidikan agama. Penelitian ini berkontribusi pada wacana yang sedang berlangsung tentang metodologi pengajaran inovatif dan menyarankan jalan untuk eksplorasi lebih lanjut dalam mengoptimalkan pengalaman belajar dalam studi agama dan seterusnya.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain pre eksperimental design, dengan rancangan one group pre testpost test. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelas saja yaitu kelompok eksperimen tanpa kelas control. Populasinya adalah kelas VII yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentas, teknik analisis datanya menggunakan T-tes dan Effect Size.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Fiqih Di SMP NU Karangrejo dengan perhitungan rumus T-tes, yang mana t hitung (to= 9.365) dan t tabel (tt.ts.5%= 2,06) dan tt.ts.1%= 2,8). Maka dapat dikatakan bahwa to¬lebih besar dari pada t yaitu: 2,06 <9,365 >2,8 .besar pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu online learning scaffolding terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih diperoleh dari effect size dengan jumlah 1,9. Dengan kategori “sangat besar”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 23 Dec 2024 07:32
Last Modified: 23 Dec 2024 07:32
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item