MOHAMMAD NAJICH ABROR, 20200890101029 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEPRIBADIAN SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI MTS AL MUKARRAMIN DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
1. COVER.pdf
Download (131kB)
3. ABSTRAK.pdf
Download (37kB)
6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101029.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: internalisasi nilai- nilai pendidikan agama islam, karakter kepribadian, ekstrakulikuler pramuka.
Pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk moralitas dan sikap hidup siswa. Pramuka, sebagai kegiatan ekstrakurikuler, dianggap sebagai wadah yang potensial untuk mendorong proses tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam upaya menumbuhkan karakter kepribadian siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara, dan analisis dokumen terkait kegiatan Pramuka di sekolah-sekolah menengah. Data dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai agama Islam diinternalisasikan selama kegiatan Pramuka dan dampaknya terhadap karakter kepribadian siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka memberikan platform yang efektif untuk proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam. Partisipasi siswa dalam kegiatan outdoor, pelatihan kepemimpinan, dan kegiatan kemandirian merangsang kesadaran terhadap nilai-nilai seperti kejujuran, kerja sama, dan tanggung jawab, yang merupakan aspek kunci dalam pendidikan agama Islam.Kesimpulannya, Pramuka dapat dianggap sebagai wahana yang efektif untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa. Proses ini memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan kepribadian yang kuat, moralitas yang tinggi, dan kesiapan menghadapi tantangan kehidupan. Implikasinya, pengembangan model kegiatan ekstrakurikuler yang menggabungkan pendidikan agama Islam dapat mendukung tujuan pendidikan karakter holistik di sekolah-sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 04:26 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 04:26 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/75 |