INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS PUTRA-PUTRI LAMONGAN

A'IMMATUS SYARIFAH, 20200890101045 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS PUTRA-PUTRI LAMONGAN. Diploma thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Image
1 COVER.pdf - Cover Image
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf - Published Version

Download (142kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[thumbnail of FULL TEXT_ S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101045_A'IMATUS SYARIFAH.pdf] Text
FULL TEXT_ S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101045_A'IMATUS SYARIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Internalisasi nilai, Profil Pelajar Pancasila
Salah satu tantangan bagi dunia saat ini adalah program merdeka belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berfokus pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek menetapkan 6 dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yang mana guna dalam mempermudah pembelajaran baik oleh guru maupun siswa. Dan 6 dimensi tersebut di antaranya: 1)Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia, 2)Berkebhinekaan Global, 3)Gotong royong, 4)Mandiri, 5)Bernalar Kritis, dan 6)kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemanfaatan Kurikulum Merdeka dalam menginternalisasikan nilai-nilai Profil pelajar Pancasila, sehingga dengan adanya profil pelajar Pancasila akan menjadikan peserta didik sebagai pelajar Indonesia yang berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena untuk mendapatkan data yang mendalam dan bermakna tentang internalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran Aqidah akhlak kelas VII. Oleh sebab itu, proses penelitian ini diharapkan menghasilkan data-data deskriptif yang berupa data tertulis atau lisan dari berbagai informan atau perilaku yang dapat diamati untuk menjelaskan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dan apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran Aqidah akhlak kelas VII di MTs Putra-putri Lamongan. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui 3 tahap dan setiap tahap terdapat 6 dimensi dalam profil pelajar pancasila, 3 tahap tersebut yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap trans-internalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 24 Nov 2024 04:30
Last Modified: 26 Nov 2024 08:00
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item
View Item