NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KEHIDUPAN SEMUT (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)

ABDULLAH NAFIS, 20200890334002 (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KEHIDUPAN SEMUT (KAJIAN TAFSIR TEMATIK). Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf - Cover Image

Download (417kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN BAHASA ARAB.pdf - Other

Download (494kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_USHULUDDIN DAN DAKWAH_ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR_20200890334002_ABDULLAH NAFIS.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_USHULUDDIN DAN DAKWAH_ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR_20200890334002_ABDULLAH NAFIS.pdf - Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Semut, Tafsir Tematik.

Meskipun bertubuh mungil, ternyata semut menyimpan pembelajaran berharga yang dapat diterapkan dalam kehidupan manusia. Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan yang dapat dipetik dari perilaku koloni semut yang terorganisir dengan baik. Gotong royong, ketekunan, dan disiplin merupakan ciri khas kehidupan semut. Mereka bekerja sama secara efisien untuk mencari makan, membangun sarang, dan melindungi koloninya. Kerja keras dan kegigihan menjadi kunci keberhasilan mereka dalam menghadapi berbagai rintangan. Selain itu, semut juga mengajarkan kita tentang pentingnya kesabaran dan ingat kepada Allah. Mereka tidak mudah menyerah dalam mencari rezeki dan selalu memanfaatkan sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya.

Dari penelitian ini muncul berbagai persoalan, diantaranya: 1) Bagaimana penafsiran ayat tentang semut dalam Al-Qur’an? 2) Bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan kehidupan semut dalam kehidupan sehari-hari ?.

Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif kepustakaan. Adapun dalam metodenya, peneliti menggunakan metode tafsir tematik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Al-Qur’ān al-Karīm, Tafsir Fathul Qadir, Tafsir al-Qurthubi, Tafsir al-Bahr al-Muhit, dan Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir.

Hasil dari penelitian ini adalah Semut merupakan serangga kecil berkaki enam yang hidup di celah-celah tanah. Mereka memiliki berbagai jenis dengan ukuran berbeda. serangga ini memiliki panjang antara 1 hingga 7 mm, dengan ukuran otak yang tidak lebih besar dari ukuran sebutir garam, dan memiliki kemampuan luar biasa untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa. semut merupakan hewan yang hidup bermasyarakat dan berkelompok. Hewan ini memiliki keunikan antara lain ketajaman indra dan sikapnya yang sangat berhati-hati, serta etos kerjanya yang sangat tinggi. Adapun Nilai-nilai pendidikan yang bisa kita peroleh dalam kehidupan semut ialah Kerjasama, Sabar, Selalu ingat kepada Allah, Tanggung jawab. Kita juga bisa mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik di pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Agama > Tafsir Quran Tematik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 16 Dec 2024 04:11
Last Modified: 17 Dec 2024 07:52
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item
View Item