KHULAEFATUR ROSIDAH, 22089059 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI SISWA DI SMPN 17 GRESIK. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of 7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089059_KHULAEFATURROSIDAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089059_KHULAEFATURROSIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Peran, Strategi, Guru PAI, Moderasi Beragama.
Moderasi beragama sebagai cara yang mampu menjadi solusi untuk saling
terbuka, menerima perbedaan dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Sikap
sikap moderasi beragama harus ditanamkan kepada peserta didik agar memiliki
sikap moderat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ditengah kemajuan
teknologi, Sikap moderasi beragama mutlaq diperlukan bukan hanya diajarkan
namun juga ditanamkan pada peserta didik agar menjadi manusia yang toleran, adil
dan cinta tanah air dimasa depan. Karena dengan diajarkannya pemahaman tentang
sikap moderasi beragama, peserta didik dapat mengimplentasikan dalam kehidupan
sehari hari. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap moderasi beragama
bagi siswa dan mengetahui apa saja strategi dan metode yang digunakan oleh guru
juga dampak setekah ditanamkannya sikap moderasi beragama.
Pendekatan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kualitatif. Dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan metode Penelitian
Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini berlokasi di UPT SMPN 17 Gresik.
Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru adalah sebagai pendidik
sekaligus pendamping yang selalu mengawasi serta memperluas wawasan siswa
tentang moderasi beragama dan mengembangkan sikap moderat siswa sesuai
dengan norma ajaran agama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Pendidikan > Guru |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 04:26 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 04:26 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/374 |