BA'TSA KHOIRO, 22089057 (2024) PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER (Analisis Pemikiran Azyumardi Azra dalam Moderasi Beragama di Indonesia). Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (91kB)
![[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089057_BA'TSA KHOIRO.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089057_BA'TSA KHOIRO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Islam Kontemporer, Azyumardi Azra, Moderasi Islam.
Azyumardi Azra adalah seorang cendikiawan muslim yang lahir di Lubuk
Alung Sumatera Barat pada tanggal 04 Maret 1955. ia lahir dari pasangan Azikar dan
Ramlah dan ia merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Beliau juga merupakan
penulis yang produktif dalam menghasilkan karya tulis, tidak hanya berupa buku
melainkan juga artikel-artikel yang dimuat di jurnal nasional maupun internasional.
Karya tulisnya banyak yang bertemakan sejarah serta isu-isu pendidikan kontemporer
yang aktual di masa ini. Ide-ide cemerlangnya seringkali dijadikan solusi atas
permasalahan yang ada di indonesia. Salah satu prestasi terbesarnya adalah menjadikan
status dari IAIN Syarif Hidayatullah ke UIN syarif hidayatullah di tahun 2002 saat ia
menjabat sebagai rektor kesepuluh UIN Syarif Hidayatullah. Pada penelitian ini
rumusan masalah yang dikemukakan oleh peneliti adalah Bagaimana konsep
pendidikan Islam kontemporer dalam analisis pemikiran Azyumardi Azra.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) karena
melakukan pengumpulan data-data dengan menggunakan dokumentasi yang
bersumber dari karya tulis kepustakaan. Pendekatan deskriptif-hermeneutik yang
menggunakan hermeneutika double movement merupakan metode penelitian yang
berfokus pada deskripsi dan interpretasi makna dari fenomena yang diteliti. Dalam
konteks penelitian inipeneliti mencoba memahami dengan lebih mendalam teks-teks
dan konteks pemikiran Azyumardi Azra serta aplikasinya dalam konteks pendidikan
islam di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan pemikiran azumardi azra mengenai konsep
pendidikan islam kontemporer sangat memberikan manfaat bagi masyarakat muslim.
aspek penting dalam pemikiran azumardi azra mencakup demokratisasi pendidikan,
modernisasi pendidikan, kualitas pendidikan, integrasi ilmu pengetahuan dan agama,
serta pendidikan karakter. Relevansi pendidikan Islam kontemporer pemikiran
azumardi azra dengan moderasi beragama terletak pada upaya untuk membentuk
individu Muslim yang memahami ajaran agama secara komprehensif, toleran terhadap
perbedaan, dan mampu berinteraksi dengan masyarakat pluralistik secara positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pondok Pesantren |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 16 Mar 2025 03:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/352 |