M. ATHOILLAH, 20200890101022 (2024) UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS II B MTs. MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (38kB)
![[thumbnail of 6. BAB II_LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II_LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
![[thumbnail of S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101022_M. ATHOILLAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101022_M. ATHOILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Kecerdasan Interpersonal, Siswa
Kecerdasan interpersonal sangat penting agar anak mudah diterima di dunia masyarakat karena anak dengan kecerdasan interpersonal mempunyai banyak keterampilan, yaitu kemampuan berempati (berbagi, menolong dan menolong orang lain), kemampuan mengenali pikiran orang lain, kemampuan berteman, dan menjalin pergaulan hubungan sehingga mereka dapat membangun hubungan. hubungan positif dengan orang lain. Beberapa faktor penghambat kecerdasan interpersonal anak antara lain adalah lingkungan rumah individu anak, pola pengasuhan yang terlalu otoriter dan terlalu protektif. Oleh karena itu, guru dan orang tua harus memperhatikan setiap hal perkembangan dan kecerdasan interpersonal anak agar anak menjadi baik keterampilan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kecerdasan interpersonal serta bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di MTs Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan interpersonal sangat penting bagi anak agar mudah diterima di lingkungan masyarakat karena anak dengan kecerdasan interpersonal memiliki banyak kecakapan, yakni kemampuan berempati (berbagi, menolong dan membantu orang lain), kemampuan mengenali pikiran orang lain, kemampuan berteman, dan menjalin relasi social sehingga dapat membangun hubungan positif dengan orang lain.
Kecerdasan interpersonal anak sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor lingkungan, sekolah maupun masyarakat sekitar, dengan demikian kecerdasan interpersonal bukanlah anugrah yang dibawah sejak lahir, tetapi kecerdasan yang dapat dibentuk melalui latihan, keterampilan dan dapat dikembangkan dengan berbagai metode.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 16 Mar 2025 03:35 |
Last Modified: | 16 Mar 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/351 |