PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII DI SMP AN - NAJIYAH SIDOSERMO WONOCOLO SURABAYA

M. CHUSNUS SALIM RAMADHANI, 20200890101023 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII DI SMP AN - NAJIYAH SIDOSERMO WONOCOLO SURABAYA. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 6 BAB II.pdf] Text
6 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101023_M.CHUSNUS SALIM RAMADHANI.pdf] Text
S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101023_M.CHUSNUS SALIM RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Peranan Guru PAI, Kecerdasan Spiritual
Guru PAI harus bisa menjadi sumber motivasi dalam hal “Spiritual” serta membimbing siswa agar terciptanya hubungan rohani dan akhlak sesuai dengan materi pengajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di SMP An-Najiyah dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di SMP An-Najiyah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sehingga data-data yang bersifat deskriptif alamiah, adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan untuk keabsahan data menggunakan tringulasi dengan sumber, teknik, dan waktu. Penelitian ini dilakukan pada hari Rabu 17 Januari sampai Senin 29 Januari 2024. Peneliti menetapkan penelitian ini di SMP An-Najiyah Sidosermo Wonocolo Surabaya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di SMP An-Najiyah berjalan cukup baik karena adanya kesadaran guru akan tanggung jawabnya, metode pembelajaran yang baik, dan adanya kerjasama (kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua) yang baik. Adapun faktor pendukung dan penghambat sebagai berikut: (a). Faktor pendukung: (1) Fasilitas yang memadahi (2) Lingkungan sekolah yang dekat dengan pondok pesantren (3) Tauladan seorang guru kepada siswa (4) Kesadaran seorang siswa dalam menerima apa yang diberikan oleh guru kepada siswa. (b). Faktor penghambat: (1) Kurangnya kesadaran orang tua dalam memberikan pengawasan. (2) Beberapa siswa yang tidak taat aturan. (3) Fasilitas yang belum sepenuhnya terpenuhi. (4) guru yang terpaku pada nilai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:28
Last Modified: 10 Mar 2025 05:28
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item