ARDANI FIRMAN SANJAYA, 20200890101011 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE TGOT(TIME ONLINE TURNAMENT) TERHADAP PENINGKATAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS TARBIYATUS SIBYAN WOTAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of 8 BAB II LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101011_ARDANI FIRMAN SANJAYA.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101011_ARDANI FIRMAN SANJAYA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kata kunci : pembelajaran koopratif, peningkatan kognitif siswa
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu: kurangnya minat siswa untuk belajar, kurangnya variasi model dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan inovasi baru berupa TGOT (time game onlin tournament) bantuan media online terhadap hasıl belajar maple agama di kelas VII MTs Tarbiyatus Sibyan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Tarbiyatus Sibyan Tahun Pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 1 kelas yaitu VII Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling, sampel diambil secara memilih anggota untuk melakukan penelitian secara acak. Sampel yang terambil adalah kelas VII sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “r”.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang segnifikan antara pengaruh model pembelajaran koopratif tipe TGOT (time game online turnamen) terhadap peningkn kognitif siswa, dengan taraf “r” hitung 0,707 lebih besar dari “r” table baik pada taraf signifikan 1% atau 5% yaitu 0,549< 0,719 > 0,433 dan besarnya korelasi pengaruh pengaruh model pembelajaran koopratif tipe TGOT (time game online turnamen) terhadap peningkn kognitif siswa sebesar 0,499 =50%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 09 Mar 2025 09:01 |
Last Modified: | 09 Mar 2025 09:01 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/340 |