PERAN KIAI DALAM MEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUS SIROJ TRITUNGGAL BABAT LAMONGAN

AHMAD NAFIS ABRORI, 20200890101010 (2024) PERAN KIAI DALAM MEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUS SIROJ TRITUNGGAL BABAT LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAC.pdf] Text
3. ABSTRAC.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101010_AHMAD NAFIS ABRORI.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101010_AHMAD NAFIS ABRORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kiai, Motivasi, Belajar, Santri dan Pondok Pesantren
Latar belakangi penelitian ini adalah adanya keadaan dimana seorang santri yang niat dan minat belajarnya menurun karena dipaksa oleh orang tuanya masuk pesantren untuk menuntut ilmu, dan salah pergaulan antara santri mukim dan santri kalong, yang dimana santri kalong selalu membawa pengaruh buruk terhadap santri mukim khususnya santri mukim yang masih baru di pondok pesantren. Dalam hal ini peneliti akan menghubungkaan peran kiai dalam membentuk motivasi belajar santri di pondok pesantren nurus siroj tritunggal babat lamonganMasalah pada penelitian ini adalah, 1) Bagaimana peran seorang kiai dalam membentuk motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Nurus Siroj Tritunggal Babat Lamongan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat santri dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Nurus Siroj Tritunggal Babat Lamongan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan deskriptif, dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu: tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Peran kiai dalam meningkatkan motivasi belajar ekstern santri di Pondok Pesantren Nurus Siroj Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, melalui pemberian nasehat dan juga dorongan yang diberikan kiai kepada santri mukim dan santri kalong terutama santri baru. Itu semua dilakukan pada saat kegiatan formal maupun kegiatan non formal. Penerapan metode sorogan, metode akulturai budaya, pemberian pujian, pemberian beasiswa kepada santri yang berprestasi dan juga pemberian bantuan untuk meringankan biaya kepada santri yang kurang mampu. Itu semua peran seorang kiai dalam membentuk motivasi belajar santri. 2) Faktor pendukung motivasi belajar santri kiai, minat dan niat santri, Pengakuan dan Pemberian Penghargaan Terhadap Santri Yang Berprestasi, Fasilitas yang Memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Salah memilih pergaulan antar santri dan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Ulama
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 09 Mar 2025 08:57
Last Modified: 09 Mar 2025 08:57
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item
View Item