AHMAD IRSYAD HABIBUDDIN, 20200890101007 (2024) STRATEGI GURU AKHLAQ DALAM PENGUATAN SELF EFFICACY SISWA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MAMBAUS SHOLIHIN SUCI MANYAR GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of BAB I - BAB VI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I - BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101007_AHMAD IRSYAD HABIBUDDIN.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101007_AHMAD IRSYAD HABIBUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Self Effecacy
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru pai dalam membentuk Self Effecacy siswa kelas XII di MA Mambaus Sholihin. Siswa yang memiliki keyakinan atau kemampuan dalam mengerjakan tugas pembelajaran dan sering berpartisipasi aktif berarti mampu mengahadapi tantangan sehingga memicu tumbuhnya Self Effecacy pada dirinya. Dalam hal ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk Self Effecacy siswa kelas XII di MA Mambaus Sholihin? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam pembentukan Self Effecacy siswa kelas XII di MA Mambaus Sholihin?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara ini dilaksanakan kepada orang-orang yang terlibat di dalam topik pembahasan ini, seperti kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Observasi dilakukan dilapangan secara langsung dengan melihat topik pada pembahasan ini. Adapun dokumentasi penelitian dilaksanakan untuk memperoleh dokumen dan data sekolah. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi.
Adapun hasil penelitian yang peneliti temukan adalah ssebagai berikut: 1. Strategi guru pai yang di gunakan yaitu strategi pembelajaran dedukatif dan dengan pendekatan strategi pembelajaran ekspositori, peningkatan berpikir dan inquiry. Sedangkan cara lain yang digunakan untuk membentuk Self Effecacy yaitu dengan cara memberikan motivasi dan nasihat, memberikan penghargaan (reward) dalam pembelajaran. 2. Faktor pendukung strategi guru pai yaitu karakteristik siswa, bahan ajar, dan sarana dan prasarana sedangkan penghambat strategi guru pai terdapat pada keterbatasan waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Islam > Madrasah Aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:49 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:49 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/334 |