ACHMAD SA`DULLOH, 20200890101003 (2024) STRATEGI GURU MAPEL AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR RAHMATALIL ALAMIN DI MTS NU DURUNGBEDUG CANDI SIDOARJO. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. ABSTRAK.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of 10. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101003_ACHMAD SA'DULLOH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101003_ACHMAD SA'DULLOH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Guru Aqidah Akhlaq, Profil Pelajar Rahmatal Lil ‘Alamin.
Perkembangan yang terjadi di dunia modern dan ekonomi global saat ini dirasakan tidak lagi memberikan penghargaan besar terhadap seseorang karena pengetahuanannya, sebab teknologi telah menyediakan pengetahuan yang dibutuhkan oleh manusia. Dengan demikian Kurikulum Madrasah tidak boleh hanya fokus kepada pengetahuan apa yang harus dikuasai peserta didik, akan tetapi lebih penting lagi adalah membekali peserta didik dengan kompetensi, sikap, keterampilan hidup (life skills), dan cara berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah. Selain itu, nilai-nilai agama sebagai ruh madrasah harus ditanamkan secara terintegrasi sejalan dengan implementasi kurikulum merdeka itu sendiri. Dengan demikian, nilai religiusitas mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seluruh warga madrasah dalam menjalankan praksis dan kebijakan pendidikan. Nilai-nilai yang dimaksud adalah Nilai Rahmatan lil Alamin merupakan prinsip-prinsip sikap dan cara pandang peserta didik sebagai pelajar dalam mengamalkan agama agar pola keberagamaan dalam konteks berbangsa dan bernegara berjalan semestinya sehingga kemaslahatan umum tetap terjaga seiring dengan perlindungan kemanusiaan dalam beragama.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang beberapa Strategi Guru Aqidah akhlaq dalam membentuk profil pelajar romatal lil ‘alamin Di MTs. NU Durungbedug Candi Sidoarjp. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa strategi yang telah dilakukan oleh para guru Aqidah akhlaq yaitu: Berorientasi pada tujuan, Aktivitas, Individualitas, Integritas. Dalam pembentukan karakter profil pelajar rohmatan lil ‘alamin siswa pasti terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung dan penghambat merupakan keadaan personal siswa yang mempunyai lingkungan keluarga yang berbeda-beda dan keadaan sekolah. Berikut adalah yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung: Dukungan penuh terhadap semua guru, Menghimbau agar guru selalu mendampingi dan membimbing siswa, Kita memback-up sebagai penanggung jawab dari proses waka kemudian dari kepala madrasah, Kita selalu mendorong bapak ibu guru untuk melakukan musyawarah untuk pengembangan diri. Dan untuk faktor penghambat bersumber dari 3 sumber: Keluarga, Lingkungan, Individual siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:40 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:40 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/331 |