MOH. SUGITO, 22089050 (2024) INTEGRASI NILAI-NILAI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 GRESIK. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (372kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (668kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089050_MOH SUGITO.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089050_MOH SUGITO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata kunci: Integrasi nilai, Proyek penguatan profil pelajar pancasila, pelajar rahmatan
lil ‘alamin, Akidah akhlak
Dalam kurikulum merdeka ini pemerintah membuat suatu proyek dalam
pendidikan yaitu proyek penguatan profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil
‘almin dalam Madrasah, dilihat dari realitas diatas dapat menjadi ketertarikan tersendiri
bagi peneliti untuk menganalisa tentang integrasi nilai-nilai Proyek penguatan profil
pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil ‘alamin dalam mata Pelajaran Akidah akhlak
di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana
Integrasi nilai-nilai proyek penguatan profil pelajar pencasila dan pelajar rahmtan lil
‘alamin dalam mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik? (2)
Bagaimana keterkaitan stakeholders, guru, dan orang tua wali murid dalam Integrasi
nilai-nilai proyek penguatan profil pelajar pancasila dan pelajar rahmatan lil ‘alamin
dalam mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik? (3) Apa
faktor pendukung dan penghambat dalam integrasi nilai-nilai proyek penguatan profil
pelajar pancasila dan pelajar rahmtan lil ‘alamin dalam mata pelajaran akidah akhlak
di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik?
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
jenis penelitian adalah penelitian studi kasus, pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data meliputi Data Collection
(pengumpulan data), Data Condensation (kondensasi data), Data Display (penyajian
data) dan Conclusion Drawing/Verivication (verifikasi data).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Integrasi nilai-nilai P5-PPRA dalam
mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Gresik ialah terdapat dua konsep yaitu
konsep dasar proyek dan konsep perencanaan proyek (2) keterlibatan stakeholders,
Guru, dan orang tua wali murid dalam integrasi nilai-nilai P5-PPRA dalam mata
Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Gresik dengan melalui enam tahapan yaitu
Apersepsi, penjelasan tugas proyek, penentuan waktu pengerjaan proyek, memantau
pelaksanaan proyek, mempresentasikan dengan media dan diskusi, dan Evaluasi. (3)
Faktor pendukung dan penghambat dalam Integrasi nilai-nilai P5-PPRA dalam mata
Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Gresik yakni kesiapan konsep pembelajaran,
kesiapan guru, guru dapat mengendalikan kelas, kebebasan mendapatkan sumber
belajar, fasilitas Madrasah. Dan penghambatnya ialah: kondisi psikis peserta didik,
perbedaan cara belajar peserta didik, miss communication antar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah Aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:34 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/327 |