NURUL AINI, 20210890101196 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20210890101196_NURUL AINI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20210890101196_NURUL AINI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar Siswa.
Dalam menghadapi perubahan zaman dengan berbagai masa transisi dan perpaduan mutu, maka diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan, keahlian dan penguasaan pengetahuan dalam menghadapi setiap tantangan yang ada, salah satunya adalah keterampilan dalam menghadapi aspek pendidikan. Dalam strategi pembelajaran guru sangat andil dalam menentukan keberhasilan siswa dalam menunjang prestasi belajar siswa. Strategi pembelajaran guru berpengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, oleh sebab itu, sebagai seorang guru harus mempunyai kemampuan dalam strategi pembelajarannya agar proses pembelajaran berjalan secara efektif.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMP YPI Darussalam 1 Cerme. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Strategi Pembelajaran Guru PAI dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMP YPI Darussalam 1 Cerme.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) karena penelitian ini dilakukan di lapangan yaitu di SMP YPI Darussalam 1 Cerme dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep teori Milles dan Huberman yakni data reduction (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru PAI dalam menunjang prestasi belajar siswa di SMP YPI Darussalam 1 Cerme, dilakukan dengan cara:
1) Menyusun perencanaan pembelajaran. 2) Melaksanakan kegiatan utama, yaitu dalam melaksankan pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Dan 3) Melaksanakan beberapa keterampilan dalam mengelola kelas yaitu keterampilan dalam penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (Preventif) dan keterampilan yang berkaitan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal (Kuratif). Adapun faktor pendukung dan penghambat Strategi Guru PAI dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SMP YPI Darussalam 1 Cerme.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 05:27 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 05:27 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/309 |