ZAKIYYATUL MISKIYYAH, 20200890101140 (2024) PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP MU'ALLIMAT NU GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Download (498kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101140_ZAKIYYATUL MISKIYYAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101140_ZAKIYYATUL MISKIYYAH.pdf
Download (4MB)
Abstract
Kata Kunci : Joyfull learning, Ice breaking, Hasil Belajar, Fiqih.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang mononton sehingga siswa menjadi kurang aktif dan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih maka metode pembelajaran sangat mununjang proses pembelajaraan yang baik. Hal ini menuntut guru agar memilih metode pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan juga bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan metode joyfull learning berbasis ice breaking agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode joyfull learning berbasis ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Di SMP. Mu‟allimat Nu Gresik, Dan seberapa besar pengaruh metode joyfull learning berbasis ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di SMP Mu‟allimat Nu Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperiment kuantitatif dengan menggunakan desain pre-eksperimental design,dengan rancangan One- grup Pre test – Post test Design, Pada rancangan ini menggunakan 1 kelas sebagai kelas eksperiment yakni kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus prodact moment.
Dari pengujian atau penganalisisan data dari subjek penelitian, bahwa terdapat korelasi antara penggunaan metode joyfull learning berbasis ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII Di SMP. Mu‟allimat Nu Gresik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan product moment, bahwa dari perhitungan “r” antara variabel X dengan variabel Y yaitu 0,665 yang mana rxy lebih besar dari “r” table pada taraf signifikan 1% yakni 0,665> 0,418. Dan besarnya kontribusi pengaruh antara metode joyfull learning berbasis ice breaking terhadap hasil belajar siswa sebesar 44%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 23 Feb 2025 08:35 |
Last Modified: | 23 Feb 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/306 |