PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs MANBAIL FUTUH BEJI JENU TUBAN

ST. KHOLISHOTUN NURUL BADRIYAH, 20200890101135 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs MANBAIL FUTUH BEJI JENU TUBAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK & ABSTRAC.pdf] Text
3 ABSTRAK & ABSTRAC.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101135_ST. KHOLISHOTUN NURUL BADRIYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101135_ST. KHOLISHOTUN NURUL BADRIYAH.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101135_ST. KHOLISHOTUN NURUL BADRIYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101135_ST. KHOLISHOTUN NURUL BADRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Giving Question And Getting Answer, Hasil Belajar Siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang kurang interaktifnya proses pembelajaran dan beberapa siswa masih kurang berani dan percaya diri dalam mengutarakan pendapat dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran Fiqih. Hal ini dapat berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa menjadi aktif dan dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran active learning tipe Giving Question and Getting Answer. Strategi ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketrampilan bertanya, dan menjawab pertanyaan. strategi pembelajaran active learning tipe Giving Questions and Getting Answer, sangat efektif digunakan siswa dalam mengulang materi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Pre-Experimental Design dengan rancangan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII F yang terdiri dari 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistic yaitu Uji-t dengan jenis paired sampel t test dan Uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan Uji-t paired sampel t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 yang lebih kecil dari nilai α yaitu 0,005 (0,001 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. yang artinya strategi pembelajaran active learning tipe Giving Question Getting Answer berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih kelas VIII MTs Manbail Futuh Beji Jenu Tuban. Hal ini juga sesuai dengan pehitungan koefisien determinasi yang diperoleh hasil 0,632 (63,2%), artinya bahwa besar kontribusi pengaruh strategi pembelajaran active learning tipe Giving Question Getting Answer terhadap hasil belajar Fiqih kelas VIII MTs Manbail Futuh Beji Jenu Tuban masuk dalam kategori “kuat”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 23 Feb 2025 04:25
Last Modified: 23 Feb 2025 04:25
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item
View Item