KOMPETENSI GURU PAI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NU MOJOREJO MODO LAMONGAN

SHINTA NUR AZIZAH, 20200890101130 (2024) KOMPETENSI GURU PAI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NU MOJOREJO MODO LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101130_SHINTA  NUR AZIZAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101130_SHINTA NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, Penerapan Kurikulum Merdeka

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi SMP NU Mojorejo Modo Lamongan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka serta Hasil Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP NU Mojorejo Modo Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian ini di antaranya yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan juga peserta didik SMP NU Mojorejo Modo Lamongan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka sudah terbilang baik, dalam penerapanya, sekolah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa aspek. Terdapat banyak variasi dalam pendekatan dan strategi penerapan kurikulum merdeka. Faktor seperti dukungan kepala sekolah, kesiapan guru, dan sumber daya mempengaruhi penerapan kurikulum ini. Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Kurikulum Merdeka meliputi pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan konteks kehidupan siswa, kemampuan menerapkan teknologi dalam pembelajaran agama, serta keterampilan untuk mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan siswa dan tuntutan zaman.
Dalam Penelitian ini dijelaskan bahwa untuk berhasil dalam penerapan Kurikulum Merdeka, guru PAI perlu memiliki kompetensi yang lebih luas dan mendalam, tidak hanya dalam aspek keagamaan, tetapi juga dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka telah memberikan hasil positif dalam meningkatkan keterlibatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum Merdeka memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan untuk mengatasi tantangan yang ada dan memaksimalkan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 22 Feb 2025 05:25
Last Modified: 22 Feb 2025 05:25
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item
View Item