SHINTA NUR AZIZAH, 20200890101130 (2024) KOMPETENSI GURU PAI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NU MOJOREJO MODO LAMONGAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (25kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK.pdf
Download (20kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101130_SHINTA NUR AZIZAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101130_SHINTA NUR AZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (996kB)
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, Penerapan Kurikulum Merdeka
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kondisi SMP NU Mojorejo Modo Lamongan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka serta Hasil Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP NU Mojorejo Modo Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian ini di antaranya yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, dan juga peserta didik SMP NU Mojorejo Modo Lamongan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kondisi sekolah dalam penerapan kurikulum merdeka sudah terbilang baik, dalam penerapanya, sekolah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa aspek. Terdapat banyak variasi dalam pendekatan dan strategi penerapan kurikulum merdeka. Faktor seperti dukungan kepala sekolah, kesiapan guru, dan sumber daya mempengaruhi penerapan kurikulum ini. Kompetensi Guru PAI dalam Penerapan Kurikulum Merdeka meliputi pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan konteks kehidupan siswa, kemampuan menerapkan teknologi dalam pembelajaran agama, serta keterampilan untuk mengembangkan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan siswa dan tuntutan zaman.
Dalam Penelitian ini dijelaskan bahwa untuk berhasil dalam penerapan Kurikulum Merdeka, guru PAI perlu memiliki kompetensi yang lebih luas dan mendalam, tidak hanya dalam aspek keagamaan, tetapi juga dalam kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka telah memberikan hasil positif dalam meningkatkan keterlibatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kurikulum Merdeka memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pendidikan untuk mengatasi tantangan yang ada dan memaksimalkan manfaatnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 05:25 |
Last Modified: | 22 Feb 2025 05:25 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/294 |