RISKA FILLA ATTAQI, 22089018 (2024) INSERSI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KHADIJAH SURABAYA. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089018_RISKA FILLA ATTAQI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089018_RISKA FILLA ATTAQI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata kunci: Insersi Nilai, Pendidikan Agama Islam, Islam Moderat
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji insersi nilai-nilai Islam moderat melalui
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Khadijah. Adapun rumusan
masalah yang diangkat meliputi: 1) nilai-nilai Islam moderat yang disisipkan
melalui mata pelajaran PAI, 2) proses penyisipan nilai-nilai tersebut, dan 3) hasil
serta feedback yang diperoleh dari implementasinya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan Kualitatif, karena tujuan
inti dari penelitian kualitatif adalah untuk menjadi faham dar kejadian dan
permasalahan yang mengutamakan untuk menjelaskan secara rinci dan jelas dengan
menggunakan gambaran lengkap tentang fenomena yang diteliti. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya Nilai-nilai Islam moderat yang diinsersikan
meliputi toleransi, keadilan, musyawarah, keseimbangan, dan berkeadaban. Proses
penyisipan dilakukan melalui metode pembelajaran interaktif, integrasi kurikulum,
kegiatan ekstrakurikuler, dan pendekatan holistik yang melibatkan guru yang dapat
meeningkatkan pemahaman tentang Islam moderat, dan mendapatkan feedback
positif dari seluruh komponen
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:51 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 01:51 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/261 |