MUHAMMAD NAFIS AL IRSYAD, 22089008 (2024) NILAI-NILAI MODERASI ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP APLIKATIF AS SUNNIYYAH SUNAN DRAJAT LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of a. Cover.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
a. Cover.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of g. ABSRTAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
g. ABSRTAK.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of BAB II (2).pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (838kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089008_MUHAMMAD_NAFIS AL IRSYAD.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089008_MUHAMMAD_NAFIS AL IRSYAD.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Moderat, Siswa SMP Aplikatif As Sunniyyah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan
pembentukan karakter moderat pada SMP Aplikatif As Sunniyyah Sunan Drajat
Lamongan. Sebagai lembaga pendidikan formal, eksistensi Sekolah Menengah
Pertama telah dikenal luas sebagai sekolah yang diselenggarakan dibawah
yurisdiksi pembinaan Kementerian Pendidikan, yang pendidikannya ditujukan
untuk menguatkan upaya pemerintah dalam mencapai tujuan pendidikan nasional
yang menekankan pada pencerdasan kehidupan bangsa. yang kemudian membuat
penulis untuk melakukan sebuah penelitian di SMP Aplikatif As Sunniyyah Sunan
Drajat Lamongan dengan beberapa focus permasalahan diantaranya:(1) Bagaimana
pembentukan karakter moderat pada siswa SMP Aplikatif As Sunniyyah Sunan
Drajat Lamongan?, (2) Apa output yang dihasilkan dalam pembentukan karakter
moderat pada siswa SMP Aplikatif As Sunniyyah Sunan Drajat Lamongan?
Penelitian tesis ini berbentuk penelitian lapangan yang masuk dalam jenis
penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Pengumpulan data yang
dilakukan dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Dalam
menganalisis data, peneliti menggunakan model miles and Huberman dengan
langkah yang pertama yakni: pengumpulan data, Data yang diperoleh dari hasil
wawancara, observasi dan dokumentasi dicatat dalam catatan lapangan yang terdiri
dari dua bagian yaitu deskriptif dan reflektif. Kedua, mereduksi data, guna memilih
data yang relevan dan bermakna. Ketiga, penyajian data, yang mana dapat berupa
bentuk tulisan atau kata-kata, gambar, grafik dan tabel. Dan yang terakhir penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data atau temuan penelitian dilakukan dengan
cara triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan meningkatkan ketekunan
pengamatan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah,
tenaga pendidik, dan peserta didik.
Hasil penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa pembentukan
karakter moderat melalui program Karakter Aplikatif, dilaksanakan dalam kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler di SMP Aplikatif. Output dari
penerapan Karakter Aplikatif ini adalah sebagian besar siswa dari SMP Aplikatif
memiliki sikap yang moderat, seperti toleran, religius, inklusif, peduli sosial, dan
cinta tanah air Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 04:37 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 04:37 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/252 |