MUHAMMAD BAHRUR ROZI, 22089006 (2024) PENDIDIKAN ISLAM MODERAT BERBASIS MASYARAKAT DI DESA TANJUNG KEDAMEAN GRESIK. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089006_MUHAMMAD BAHRUR ROZI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089006_MUHAMMAD BAHRUR ROZI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata kunci : Pendidikan, islam moderat dan masyarakat
Tesis ini menggambarkan beberapa fokus penelitian.
Adapun rumusan
masalah yang kami angkat adalah 1) bagaimana bentuk nilai-nilai islam moderat
berbasis masyarakat di desa tanjung kedamean gresik 2) bagaimana konsep
internalisasi nilai pendidikan islam moderat berbasis masyarakat di desa tanjung
kedamean gresik.
Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis
penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Untuk pendekatan penelitian
adalah studi multikasus. pengumpulan data ini menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian menyoroti peran aktif masyarakat
dalam membentuk lingkungan Pendidikan yang mempromosikan nilai-nilai islam
moderat.
Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) bentuk nilai-nilai Pendidikan Islam
Moderat berbasis masyarakat tertuang pada niali-nilai berikut; a) tasamuh (toleransi),
b) tawasuth (jalan tengah), c) tawazun (keseimbangan), d) ‘adal (keadilan), e) shidiq
(kejujuran), 2) konsep internalisasi nilai Pendidikan islam moderat berbasis
masyarakat melalui keteladanan pribadi, percakapan, lingkungan yang baik harus
diciptakan untuk menghasilkan nilai-nilai yang benar, komunikasi yang efektif antara
pimpinan dan masyrakat, melalaui beberapa pembiasaan seperti adanya majlis ta’lim,
kegiatan karang taruna, kegiatan IPNU/IPPNU, sedekah bumi, tasyakuran, sholat
berjamaah, berdoa dan sebagianya dan melalui kegiatan kegiatan tambahan seperti
peringatan hari besar islam, pengajian ditengah masyarakat. Konsep internalisasi ini
diterapkan melalui 3 tahapan yaitu; pertama, tranformasi nilai, berupa pemberian
informasi melalui pimpinan dilingkungan masyarakat saat proses kegiatan
masyarakat. Kedua, transaksi nilai, berupa pembiasaan kegiatan, seperti adanya
majlis ta’lim, kegiatan karang taruna, kegiatan IPNU/IPPNU, tasyakuran, sedekah
bumi. Ketiga; transinternalisasi nilai, berupa dampak yang dihasilkan dari kegiatan
yang telah dilaksanakan, seperti masyarakat tercermin sikap saling menghargai dan
saling menghormati.
Implikasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada
kesimpulan pemaknaan kata islam moderat tersebut memunculkan keniscayaan bagi
setiap orang harus menginternalisasikan nilai-nilai ajaran islam yang moderat,
menghargai perbedaan meskipun berbeda kultur dan agama dan memandang islam
sebagai pembawa perdamaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Berbasis Masyarakat Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 04:22 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/249 |