AMIRUDDIN, 22089003 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK HIDAYATUL MUBTADI'IEN BALEN BOJONEGORO. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1.COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1.COVER.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 3.ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 7.BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7.BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089003_AMIRUDDIN.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_22089003_AMIRUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai islam moderat, Pendidikan Agama Islam.
Generasi milenial perlu memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang moderasi
beragama sejak dini agar mereka memiliki sikap santun, seperti kerukunan, saling
menghormati, menghargai, dan mau menerima perbedaan.oleh karena itu latar belakang tesis
ini mengemukakan pentingnya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam moderat dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Hidayatul Mubtadi'ien Balen
Bojonegoro.. Adapun permasalahan yang dikaji adalah: 1). Bagaimana proses internalisasi
nilai-nilai islam moderat dalam pembelajaran PAI di SMK Hidayatul Mubtadi'ien Balen
Bojonegoro? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai islam
moderat dalam pembelajaran PAI Di SMK Hidayatul Mubtadi'ien Balen Bojonegoro? 3).
Bagaimana implikasi dari internalisasi nilai-nilai islam moderat dalam pembelajaran PAI Di
SMK Hidayatul Mubtadi'ien Balen Bojonegoro?
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskriptif, dengan analisis data
menggunakan Data Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing /
Verification, sehingga data-data yang diperoleh akan menghasilkan data-data deskriptif yang
bersifat alamiah, adapun teknik pengumpulan data nya menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi, untuk keabsahan data menggunakan Uji Kredibilitas, Pengujian
Transferability, Pengujian Dependability
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya A). Proses Internalisasi Nilai-Nilai Islam
Moderat Dalam Pembelajaran PAI di SMK Hidayatul Mubtadi’ien Balen Bojonegoro yakni
Tahap Transformasi Nilai, Tahap Transaksi Nilai, Tahap Transinternalisasi. B). Faktor pendukung
dan penghambat Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMK Hidayatul Mubtadi'ien Balen Bojonegoro a). Faktor Pendukung diantaranya:
Komitmen yang tinggi dari SDM dan fasilitas yang memadai, Adanya kegiatan ekstrakurikuler yang
aktif, Pendidik yang kompeten. b). Faktor penghambat diantaranya: Faktor media sosial, Kurangnya
Bahan Literasi. C).Implikasi Internalisasi Nilai-Nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMK Hidayatul Mubtadi’ien Balen Bojonegoro. Yakni Taat, Menghormati orang
lain, Keakraban dengan teman dan guru, Kepedulian sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Kehidupan Beragama > Islam Moderat Kehidupan Beragama Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 09 Feb 2025 04:03 |
Last Modified: | 09 Feb 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/245 |